Mengetahui Blast Freezer Adalah dan Penjelasan Lengkapnya

  • Ahli HVAC
  • Jan 03, 2023

Menyimpan berbagai makanan agar lebih awet dapat menggunakan Blast Freezer yang telah dirancang khusus memiliki kemampuan untuk menjaga suhu makanan. Masyarakat awam tentu banyak yang belum mengetahui bahwa Blast Freezer adalah sebuah mesin yang digunakan untuk membekukan makanan.

Mesin atau alat ini biasanya digunakan untuk menyimpan makanan seperti daging, ikan, jelly, adonan roti, mousse cake, dan lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai mesin pembeku layaknya kulkas ini, para pembaca dapat menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Blast Freezer

Blast freezer merupakan mesin yang dapat membekukan bahan makanan seperti ikan, daging, dan produk bakery dan pastry dengan cepat. Cara kerja mesin ini yaitu dengan menghembuskan udara dengan temperatur sampai -35 derajat celcius sesuai dengan karakteristik bahan makanannya.

Udara dingin yang dihembuskan oleh Blast freezer tersebut berasal dari komponen kipas angin yang melewati evaporator. Mesin pembeku ini akan menjaga kesegaran makanan, serta mencegah perkembangan para bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya pembusukan.

Kelebihan dari Blast Freezer

Makanan yang disimpan di mesin Blast freezer juga dijaga agar tidak mengalami perubahan pada warna dan juga rasanya. Selain dapat membekukan makanan dengan cepat Blast Freezer memiliki beberapa kelebihan lain, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Kualitas Makanan

Proses pembekuan bahan makanan yang menggunakan alat Blast Freezer dapat membuat kesegaran makanan yang telah dibekukan tetap terjaga. Makanan perlu dijaga kebersihannya sebelum dibekukan agar bisa dicegah kerusakan yang mungkin terjadi selama proses pembekuan sedang berlangsung.

2. Membekukan Makanan dalam Jumlah Besar

Mesin pembeku ini tersedia dengan berbagai pilihan ukuran kapasitas berdasarkan pada kebutuhan setiap pengguna. Untuk membekukan daging atau ikan segar dengan jumlah yang besar waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 8 jam saja.

3. Menghemat Biaya Pengeluaran

Kelebihan alat atau mesin Blast Freezer adalah mesin ini memanfaatkan aliran konveksi dengan efisien dalam menyebarkan suhu dinginnya ke semua bagian. Pembekuan ini dimaksudkan untuk mencegah berkurangnya cairan pada bahan makanan sehingga kualitas makanan tetap bagus selama waktu penyimpanan.

Cara Memakai Blast Freezer dengan Tepat

Untuk membekukan makanan seperti daging, ikan atau bahan makanan lainnya dengan menggunakan mesin blast freezer ini tidaklah sulit. Namun, pengguna harusĀ  mengikuti beberapa tahapan penting agar pembekuan berhasil dengan baik, berikut beberapa tahapan pemakaian Blast Freezer dengan tepat.

1. Atur Suhu pada Mesin Pembeku

Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah mengatur suhu mesin, suhu yang direkomendasikan maksimal adalah -35 derajat celcius. Pengaturan suhu harus disesuaikan dengan karakteristik bahan makanan yang akan dibekukan, beberapa makanan bahkan memerlukan suhu di atas suhu yang direkomendasikan.

2. Bersihkan Bahan Makanan Terlebih Dahulu

Bahan makanan seperti daging dan ikan segar yang akan dibekukan harus dibersihkan menggunakan air dingin terlebih dahulu agar suhunya turun. Selain agar suhunya turun, proses ini juga berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan seperti perubahan pada warna dan juga rasa.

3. Masukkan Bahan Makanan pada Mesin Pembeku

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan bahan makanan ke dalam mesin Blast Freezer perhatikan bahwa daging dan ikan suhunya harus sudah turun. Untuk bahan makanan seperti ikan penyimpanannya dapat dilakukan dengan cara digantung pada dua penyangga yang ada di dalam mesin.

4. Keluarkan Makanan yang Telah Dibekukan

Apabila bahan makanan seperti daging, jelly, dan adonan pastry sudah membeku maka dapat keluarkan dari alat Blast Freezer tersebut. Patikan bahan makanan tersebut telah membeku dengan sempurna, kemudian simpan di ruang freezer agar suhunya tetap terjaga.

Dapat disimpulkan bahwa Blast Freezer adalah mesin yang digunakan untuk membekukan bahan makanan dengan cepat dalam jumlah yang besar. Pembekuan tersebut bertujuan untuk menjaga kesegaran, warna, dan rasa bahan makanan selama beberapa waktu sampai saatnya akan digunakan.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama