Begini Cara Penyimpanan di Cold Storage Freezer untuk Menjaga Kualitas Ikan Tetap Baik

  • Ahli Teknik HVAC
  • Dec 18, 2021

Ikan merupakan makanan dengan kandungan gizi melimpah yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi ikan setiap hari akan memberikan penambahan gizi bagi tubuh sehingga tidak mudah sakit. Namun dalam penyimpanannya ikan harus menggunakan cold storage freezer agar tetap terjaga kualitasnya.

Apa Itu Cold Storage Freezer

Perlu diketahui bahwa ikan merupakan bahan makanan mentah yang rentan sekali rusak apabila penyimpanan tidak sesuai. Biasanya ikan akan lebih bertahan lama apabila menggunakan cold storage sebagai sarana penyimpanannya. Peran dari alat ini adalah memberikan suhu dingin pada ikan sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Selain itu, produk-produk lainnya seperti minuman, sayuran dan semacamnya juga dapat disimpan menggunakan alat ini. Setiap bahan makanan mentah yang disimpan di dalam alat ini akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak atau membusuk. Dengan demikian bahan makanan mentah dapat digunakan untuk hari berikutnya.

Biasanya para nelayan menggunakan alat Cold Storage sebagai sarana menyimpan ikan hasil tangkapan. Alat ini sangat membantu nelayan dalam menjaga kualitas ikan yang berada di dalam kapal. Sesampainya di tepi daratan, ikan-ikan di dalam alat pendingin itu akan tetap awet dan dagingnya tidak mudah rusak.

Cara Menyimpan Ikan di Cold Storage Freezer

Alat pendingin bernama cold storage freezer memang sangat membantu dalam menjaga kualitas ikan. Namun, seseorang harus mengetahui bagaimana menyimpan ikan di dalam alat itu secara benar. Sebab jika hanya menyimpan asal-asalan malah akan menimbulkan dampak negatif lainnya. Lantas bagaimana cara menyimpan ikan yang benar? Berikut pembahasannya.

1. Bersihkan Ikan Sebelum Disimpan

Langkah pertama sebagai upaya cara menyimpan ikan dengan benar di freezer adalah membersihkan ikannya terlebih dahulu. Jika memang ikan dalam jumlah yang banyak setelah mendapatkan dari nelayan, maka jangan langsung dimasukkan ke dalam pendingin. Sebab akan dapat menimbulkan bau akibat lendir-lendir pada ikannya.

Sebisa mungkin untuk membersihkan kotoran di dalam maupun di luar tubuh ikan sebelum memasukkan ke dalam pendingin. Setelah membersihkan kotoran, maka lakukan pembilasan dengan menggunakan air bersih. Setelah itu silahkan untuk meletakkan ikan ke dalam pendingin dan simpanlah sampai batas waktu tertentu.

2. Menaburkan Garam atau Perasan Jeruk Nipis

Cara melakukan penyimpanan ikan ke dalam mesin pendingin adalah dapat dengan menaburkan garam atau menyiramkan perasa jeruk nipis. Hal semacam ini dapat dilakukan setelah melakukan pembersihan terhadap kotoran ikannya. Tujuan melakukan hal semacam ini adalah untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Hilangnya bau amis pada ikan ini akan tetap menjaga kualitas ikannya sehingga dapat bertahan lebih lama. Selain itu hilangnya aroma amis pada ikan akan mencegah bau menyengat di dalam area penyimpanan. Dengan demikian berapapun jumlah ikan di dalam lemari pendingin akan tetap terjaga kualitasnya dan tidak mudah berbau menyengat.

3. Gunakan Wadah Tertutup

Langkah berikutnya untuk menyimpan ikan di dalam lemari pendingin adalah menggunakan wadah tertutup. Penggunaan wadah tertutup ini akan mencegah menyebarnya bau amis saat berada di dalam pendingin. Dengan begitu, satu mesin pendingin dapat dijadikan sarana menyimpan berbagai macam bahan-bahan mentah lainnya seperti sayuran dan lainnya.

4. Pisahkan Ruang Freezer

Tempat penyimpanan lemari pendingin biasanya mempunyai sebuah sekat ruangan yang berfungsi memisahkan bahan-bahan makanan. Begitu juga saat menyimpan ikan pastikan untuk menempatkan pada sekat yang khusus. Hindarilah mencampur dengan penyimpanan es krim, otak-otak atau nugget. Sangat disarankan untuk menggunakan sebuah wadah tertutup saat menyimpannya.

5. Menata Dengan Rapi

Melakukan penyimpanan ikan di dalam lemari pendinginĀ  memang tidak boleh asal memasukkan saja. Ikan-ikan yang akan disimpan dalam waktu lama sebaiknya ditata dengan rapi di dalam lemari pendingin. Hal semacam ini selain dapat menjaga kualitas ikan juga mencegah ikan berserakan di dalam freezer.

Demikian tadi ulasan mengenai cold storage freezer dalam menyimpan ikan agar kualitas gizinya tetap terjaga. Sebaiknya gunakan produk pendingin yang berkualitas tinggi agar kondisi penyimpanan menjadi lebih sempurna.

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama