Beberapa Penyebab Indoor AC Bocor dengan Cara Penyelesaiannya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
TOSHIBA AC FIXED SPEED 1 PK

Beberapa Penyebab Indoor AC Bocor dengan Cara Penyelesaiannya

Pendingin ruangan atau yang biasa disebut dengan AC adalah alat elektronik yang rentan masalah. Salah satu permasalahan pada pendingin ruangan adalah kebocoran. Indoor AC bocor adalah masalah yang harus segera diatasi agar bisa digunakan lagi dengan lancar. Jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lainnya.

Ada beberapa penyebab kebocoran hingga bisa terjadi. Semua akan dibahas pada pembahasan kali ini secara lengkap dengan penanggulangannya. Jika bisa dicegah akan lebih baik daripada harus membayar teknisi untuk memperbaiki. Berikut lima penyebab dan solusi jitunya:

1. Adanya Permasalahan Kondensasi Pada AC

Kata kondensasi akan terdengar asing bagi orang awam. Tapi bagi teknisi AC masalah ini adalah yang sering didengar dan sering terjadi pada AC. Kondensasi atau permasalahan suhu adalah salah satu penyebab umum pada kebocoran AC. Suhu yang berada di luar dan di dalam pipa tidak seimbang sehingga terjadi kerusakan.

Kerusakan pada pipa ini akan semakin parah jika tidak segera diselesaikan. Segera panggil teknisi untuk mengganti bagian pipa yang sudah selayaknya diganti. Umumnya masalah kondensasi ini terjadi pada AC yang sudah tua. Perkiraan umur pada AC yang mengalaminya adalah lima atau atau lebih.

2. Filter pada AC Sudah Sangat Kotor

Masalah kebocoran yang kedua disebabkan oleh filter yang kotor. Filter ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk pada mesin AC. Jika sudah sangat kotor dan berdebu, bukan tidak mungkin debu itu akan menyumbang proses udara yang berjalan. Setelah penyumbatan terjadi, maka mesin AC bisa panas sehingga akan ada kebocoran.

Maka jika menggunakan AC, usahakan untuk memberikan perawatan yang baik agar hal ini tidak terjadi. Lebih baik rutin memanggil teknisi untuk membersihkan daripada memanggilnya sekali tapi untuk perbaikan. Karena jika sudah mengalami kebocoran karena filter kotor, akan ada bagian yang rusak dan harus diganti.

3. AC Membutuhkan Pasokan Freon

Penyebab indoor AC bocor selanjutnya adalah karena kekurangan freon. Jika hal ini terjadi tidak hanya kebocoran, tapi kinerja AC juga akan menurun secara perlahan. Evaporator pada AC yang kekurangan freon akan mengalami pembekuan menjadi es. Lama-kelamaan es itu akan mencair dan menetes membentuk kebocoran.

Untuk menyiasati hal ini agar tidak terjadi terus menerus adalah menambah atau mengisi freon. Panggil teknisi berpengalaman untuk melakukannya. Sehingga jika ditemukan permasalahan baru atau yang merembet bisa segera dicari solusinya. Jangan menyepelekan masalah ini dan mengabaikannya karena bisa berakibat fatal.

4. Terjadi Kerusakan pada Bagian Kompresor

Salah satu komponen penggerak utama pada AC adalah kompresor. Komponen ini harus ada dalam AC agar bisa memberi kinerja terbaik untuk pengguna. Kompresor secara sederhana bisa disebut dengan pompa air. Karena tugasnya adalah memompa air agar kebocoran tidak terjadi. Saat komponen penting ini rusak, maka akan terjadi kebocoran.

Satu-satunya solusi dari permasalahan ini adalah mengganti kompresor ke unit yang baru. Penggantiannya juga tidak bisa asal-asalan, pastikan menggunakan ahli AC yang berpengalaman. Langkah paling tepat adalah mengusahakan untuk mengecek AC secara berkala agar segera tahu jika hal semacam ini terjadi.

5. Pemasangan AC yang Kurang Tepat

Pemasangan AC juga harus tepat agar tidak terjadi masalah berarti. Jika pemasangannya kurang pas, salah satu akibatnya adalah AC akan bocor dan kinerjanya akan menurun. Tentu AC yang bocor tidak akan nyaman untuk digunakan dan akan mengganggu. Maka segera perbaiki pemasangannya menjadi yang paling pas.

Demikian beberapa penyebab indoor AC bocor yang bisa terjadi. Semua penyebab sebenarnya bisa dicegah dengan sering melakukan pengecekan. Jika sudah tidak bisa mengatasi, segera panggil tenaga ahli untuk menyelesaikannya. Pastikan juga memakai tenaga ahli yang berpengalaman agar tidak menimbulkan masalah baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − five =