Mengenal Bagian Chiller Kulkas dan Fungsinya, Sangat Penting Diketahui!

  • Ahli HVAC
  • Jan 15, 2023

Mendengar istilah freezer kulkas tentunya banyak yang paham tentangnya. Namun jika ditanya tentang bagian chiller kulkas, masih terasa asing bukan? Chiller adalah bagian di dalam refrigerator yang memiliki penutup dan berwarna transparan, letaknya di paling bawah dan di bawah freezer.

Nyatanya banyak pengguna kulkas masih banyak yang belum mengerti kegunaan chiller diperuntukkan bagi bahan makanan dengan kategori seperti apa saja. Rata-rata hanya memasuk-masukan saja tanpa tahu secara tepat apa fungsi per bagian pada kulkas, karena suhu yang digunakan pun berbeda.

Bagian Pada Chiller

Jika pada Freezer digunakan untuk es atau frozen food, refrigerator untuk minuman, keju, telur, maka chiller untuk sayuran dan daging. Pemilahan jenis makanan ini dikarenakan pada chiller memiliki beberapa bagian yaitu:

1. Pengatur Suhu

Pada bagian chiller, terdapat tombol yang dapat diputar untuk mengatur suhu yang diinginkan pada laci chiller sendiri, standar suhunya 2 derajat. Sedangkan standar suhu pada freezer adalah paling rendah yaitu 1 derajat dan pada refrigerator adalah 3 derajat dalam satuan celcius.

2. Lampu Chiller

Lampu otomatis yang akan menyala ketika laci chiller terbuka, untuk memudahkan pengguna menemukan sayuran yang dicari terutama ketika ruangan gelap. Lampu ini akan otomatis mati ketika laci chiller kembali ditutup dengan sempurna, sistem kerjanya sama seperti lampu pada bagian refrigerator.

3. Rak atau Box

Terdapat rak atau bentuk seperti box sebagai wadah meletakkan sayuran yang cukup aman dan luas letaknya di paling bawah kulkas. Bentuknya juga seperti laci sehingga tertutup dari bakteri dan mikroorganisme lainnya serta pastinya menjaga bau tidak bercampur dengan makanan lainnya.

4. Alarm

Pada beberapa kulkas modern, bagian chiller telah dilengkapi dengan alarm yang fungsinya untuk mengingatkan pengguna menutup laci chiller dengan benar. Jadi, ketika laci belum tertutup sempurna, alarm akan berbunyi dan pengguna harus segera membenarkan posisinya agar alarm tersebut berhenti berbunyi.

Fungsi Utama Chiller

Chiller memiliki keistimewaan tersendiri karena suhu yang ditetapkan berada di antara freezer dan refrigerator, tidak terlalu panas namun tidak beku. Dengan demikian, suhu yang berada di tengah-tengah ini sesuai untuk beberapa fungsi pada bahan makanan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Menjaga Kesegaran Sayuran

Jika ditilik pada setiap kulkas, ada tempat paling bawah terdapat kotak berwarna transparan yang diperuntukkan menyimpan sayuran guna menjaga kesegarannya. Sayuran membutuhkan suhu dingin di atas refrigerator untuk menjaganya tetap segar tapi tidak perlu sampai menjadi beku seperti pada freezer.

2. Menjaga Kualitas Daging

Pada momentum tertentu, misalnya saat Idul Adha ada banyak daging yang harus disimpan karena tidak mampu semuanya langsung dapat diolah. Chiller menjadi tempat yang tepat, karena suhunya dingin sehingga daging tidak busuk namun tidak beku yang mengakibatkan rasa daging berubah.

Tak heran banyak orang lebih memilih untuk menyimpan daging di tempat pendingin satu ini untuk menjaga keawetannya. Terutama jika untuk penyimpanan dalam waktu lama.

3. Menyimpan Produk Kecantikan dan Obat

Bagi wanita pasti tidak asing dengan skincare yang disimpan di tempat dingin untuk menjaga kualitasnya, pun demikian dengan beberapa obat. Misalnya insulin atau obat tetes mata yang harus disimpan di dalam kulkas agar kuat bertahan sampai masa kadaluarsa yang tercantum.

Demikian bagian chiller kulkas yang jarang dipahami fungsinya dan karakteristik bahan makanan yang sebaiknya disimpan di dalamnya untuk dijaga kualitasnya. Maka dari itu, pengetahuan akan suatu produk untuk digunakan sesuai fungsinya akan lebih efektif selaras dengan hasil yang akan diterima.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama