Ketahui Bagian Bagian AC Split Beserta Fungsinya Paling Penting

  • Ahli HVAC
  • Apr 13, 2023

Karena instalasinya terpisah, AC Split banyak digunakan di bangunan yang tidak memiliki ruang besar. Untuk bisa bekerja dengan baik, AC Split tentu didukung dengan bagian bagian AC Split tertentu. Berikut ini pembahasan tentang beberapa bagian beserta fungsinya:

Bagian Utama

AC Split memiliki bagian utama yang bertugas untuk menjalankan tugas utama AC Split. Bagian ini bisa ditemukan di bagian utama AC Split yaitu blowernya yang berada di dalam ruangan. Apa sajakah bagiannya dan apa fungsinya? Berikut pembahasannya:

  • Evaporator. Fungsi dari sebuah AC adalah untuk mengubah suhu udara sebuah ruangan agar tidak terasa panas. Disinilah tugas evaporator untuk menyerap udara yang ada di ruangan tersebut. Kemudian evaporator akan mengubah suhunya lalu menghembuskan sebagai udara sejuk.
  • Kompresor. Konsep utama dari sebuah AC adalah sirkulasi udara dari udara panas menjadi udara yang sejuk. Proses ini dilakukan di kompresor yang menjadi pusat sirkulasi freon. Kompresor akan menciptakan dua tekanan rendah dan tinggi untuk mendorong terjadinya sirkulasi.
  • Kondensor. Kondensor akan bertugas untuk membantu penurunan temperatur udara yang disirkulasikan dalam kompresor. Selain itu, kondensor juga menjaga kompresor untuk tetap dingin sehingga bisa melakukan sirkulasi udara yang cepat. Bagian ini memerlukan perhatian khusus agar kebersihannya terjaga.
  • Pipa Kapiler. Freon pada kompresor harus dialirkan ke evaporator. Karena tekanannya yang berbeda, pipa kapiler akan membantu penyaluran freon hingga sampai ke evaporator. Disinilah perubahan tekanan dan suhu akan dimainkan sehingga AC dapat menjalankan fungsi mendinginkan udara.

Bagian Pendukung

Bagian bagian AC Split yang utama pada pembahasan di atas tentu tidak bisa bekerja sendiri. Ada beberapa bagian pendukung yang juga membantu keseluruhan kinerja AC Split. Berikut ini beberapa bagian pendukung yang ada di AC Split agar berfungsi dengan baik:

1. Blower Indoor

Fungsi utama AC adalah untuk mensirkulasikan udara sehingga suhu dalam ruangan bisa berubah. AC split memiliki bagian yang terpisah. Pertama, bagian blowernya yang ada di dalam ruangan. Fungsinya untuk menangkap dan melepaskan udara yang disirkulasikan.

2. Fan Outdoor

Untuk mendukung kinerja blower indoor, AC split memiliki fan atau kipas yang berada di luar ruangan. Pada bagian ini, sirkulasi udara akan terjadi. Udara ruangan akan dihisap oleh blower kemudian dialirkan ke bagian ini untuk disirkulasikan menjadi udara sejuk yang siap dilepaskan.

3. Filter

Udara yang akan disirkulasikan oleh AC tentu memiliki beberapa partikel kotoran. Belum lagi jika keadaan ruangan sangat kotor. Untuk menjaga bagian lain dari debu yang bisa menghalangi kinerjanya, AC memiliki bagian filter untuk menyaring debu dan kotoran yang terhisap.

4. Oli Kompresor

Seluruh bagian AC tidak melakukan fungsinya dengan diam. Semuanya mengandalkan gerakan yang terus menerus. Untuk menghindari adanya bagian yang aus, bagian AC harus dilumasi dengan oli sehingga semua gesekan bisa teredam dan tidak menimbulkan panas.

5. Akumulator

Tugas utama dari akumulator adalah membantu tugas kompresor. Jika dilihat bentuknya seperti tabung dan berfungsi untuk menampung freon cair sebelum diproses pada kompresor. Aliran freon juga diatur oleh akumulator sehingga bisa masuk ke kompresor dengan benar.

6. Bagian Kelistrikan

Karena AC split bekerja dengan menggunakan bantuan listrik, sudah tentu bagian kelistrikan menjadi bagian yang penting. DImulai dengan PCB Control, kapasitor, motor listrik dan lain sebagainya. Bagian ini berfungsi mengatur suplai listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan AC.

Itulah bagian bagian AC Split yang mendukung kinerja AC Split. Semua bagian tersebut turut mendukung kinerja AC split dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Terutama untuk mendukung kemungkinan AC ini memiliki blower dan kipas di ruangan yang berbeda.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *