Bagaimana Arti HVAC dan Apa Saja Fungsinya?

  • Ahli HVAC
  • Aug 01, 2022

Setiap industri memerlukan sistem HVAC yang baik agar suhu di dalam ruangan tetap terjaga dan stabil. HVAC memiliki peran yang sangat krusial untuk menciptakan kenyamanan. Lalu apakah sudah tahu mengenai arti HVAC sendiri? Jika belum, bisa menyimak keterangannya di bawah agar mendapatkan penjelasan lebih rinci. Baca juga fungsi yang diberikannya.

Pengertian HVAC

HVAC terdiri dari tiga komponen penting, yakni Heating, Ventilasi, dan Air Conditioning. Secara umum, HVAC merupakan sebuah sistem yang akan mengkondisikan udara dan melakukan kontrol terhadap suhu lingkungan dalam ruangan. Sistem ini sering ditemukan di tempat-tempat tertutup, seperti lokasi industri, gudang, bangunan, atau kendaraan komersial.

Namun jika melihat tiga bagian dalam HVAC akan melahirkan pengertian dan konsep yang tidak sama, tapi masih terintegrasi. Berikut ini arti dari masing-masing komponennya:

1. Heating

Heating (pemanas) adalah alat yang akan menghasilkan panas dengan cara kerja memindahkan panas secara terpusat. Kalor yang dihasilkan tersebut akan disalurkan keluar menggunakan radiator dan menuju udara sekitar. Biasanya pemasangan radiator dilakukan pada dinding bangunan. Untuk pemanas modern ada beberapa komponen penunjang sebagai berikut:

  • Radiator.
  • Hidroponik.
  • Boiler.
  • Sirkulator.
  • Pompa kalor.
  • Heat pump.

2. Ventilasi

Komponen kedua dari HVAC adalah ventilasi. Sistem penggantian ini merupakan alat yang berperan untuk mengontrol suhu dalam ruangan dengan cara mengganti udaranya. Peran lainnya adalah menjaga kelembaban, menghilangkan bau, perpaduan asap, dan debu. Metode yang digunakan oleh ventilasi ada dua macam, yakni alami dan secara paksa (mekanik).

Ventilasi akan menciptakan kenyamanan bagi semua penghuni ruangan, khususnya gedung-gedung dengan tingkat tinggi. Karena memang udara yang ada di dalamnya akan terjaga baik. Alat ini bekerja dengan cara menghilangkan udara lama yang mengandung komponen berbahaya, lalu menggantinya dengan udara baru dan lebih kaya oksigen.

3. Air Conditioning (AC)

Selanjutnya akan membahas mengenai pengertian dari komponen HVAC yang ketiga, yaitu Air Conditioning. AC dikatakan sebagai proses dari pendinginan udara dengan cara menghasilkan temperatur sejuk sebab melepaskan partikel yang mengandung panas. Alat yang digunakan untuk memberikan manfaat tersebut disebut dengan refrigerator.

Alat pendingin (AC) juga serupa dengan sistem penghasil pemanas. Karena saat melepaskan kalor juga menggunakan tiga metode, yaitu radiasi, konveksi, dan konduksi. Media konduksi yang digunakan dalam proses ini dinamai refrigeran. Suhu dingin yang dihasilkan merupakan akibat dari adanya tekanan kompresor udara.

Fungsi HVAC

Jika melihat arti HVAC dari masing-masing komponennya, sistem ini tentu mempunyai fungsi yang sangat penting. Ada dua kegunaan yang dapat disimpulkan. Uraiannya lengkapnya terdapat pada penjelasan berikut:

1. Penataan Udara pada Industri

HVAC diperlukan dalam industri untuk menjaga suhu dalam tempat pengolahan sehingga produk yang dihasilkan tetap berkualitas. Sistem ini juga menjaga lingkungan dari segala kontaminasi dari bahan-bahan berbahaya karena pembuangan udaranya tergolong efisien. Kegunaan ini sangat penting bagi tempat-tempat seperti industri farmasi, cold storage, atau ruang komputer.

2. Penataan Udara Guna Kenyamanan

Fungsi berikutnya dari adanya HVAC adalah memberikan kenyamanan kepada setiap penghuni yang melakukan aktivitas dalam ruangan. Penataan tersebut akan menjaga tekanan udara sehingga tetap terasa segar dan sejuk. Kegunaan HVAC yang kedua ini lebih difokuskan pada bangunan seperti rumah, apartemen, rumah sakit, hotel, kereta, dan tempat lainnya.

Itulah penjelasan secara rinci dari arti HVAC dengan melihat setiap komponennya, yakni Heating, Ventilasi, dan Air Conditioning. HVAC menjadi sistem tata udara yang memberikan fungsi sangat signifikan. Adanya sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas kerja karena memberikan kenyamanan. Selain itu juga bisa menjaga kualitas produk dan mencegahnya dari kontaminasi.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *