Apa Saja Peran Sistem Tata Udara (AHU / HVAC) Bagi Industri Farmasi_ Simak Ulasan Berikut - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
HVAC

Apa Saja Peran Sistem Tata Udara (AHU / HVAC) Bagi Industri Farmasi_ Simak Ulasan Berikut

Udara bersih memang diperlukan bagi kehidupan manusia agar tidak terjadi kerusakan atau mendatangkan penyakit paru-paru. Selain itu produk-produk terkait dengan industri medis harus mendapatkan sistem tata udara (AHU/HVAC) yang sesuai dengan standar ketentuan. Lantas peran sistem tata udara untuk keperluan dunia farmasi itu apa? Berikut penjelasannya:

1. Melindungi Ruang Produksi Obat

Peran penting keberadaan sistem tata udara (AHU/HVAC) memang dapat memberikan perlindungan terhadap ruang produksi pada industri farmasi. Penggunaan sistem tata udara ini dapat menjadi sarana dalam mengendalikan suhu pada ruangan produksi obat-obatan. Tentunya setiap produk akan terjaga kualitas sehingga tidak akan mudah rusak atau terkontaminasi.

Aliran udara di dalam ruangan tempat memproduksi di industri farmasi akan terlindung dari adanya bakteri atau semacamnya. Keberadaan bakteri atau hal semacamnya akan menjadikan produk obat-obatan yang dibuat menjadi berkualitas buruk. Dengan demikian pemasangan sistem tata udara yang baik akan menciptakan ruang produksi bersih dari kuman

2. Menjaga Kualitas Obat

Obat-obatan yang banyak dijual dipasaran atau khusus dari dokter memang akan rawan rusak apabila penyimpanan tidak sesuai. Bagi industri farmasi sendiri mengharuskan melakukan penyimpanan obat-obatannya sesuai dengan standar yang ditentukan. Salah satu upaya dalam menyimpan obat-obatan agar tetap berkualitas adalah mengatur sistem tata udara.

Pengaturan sistem tata udara (AHU/HVAC) memang memberikan manfaat besar bagi ruangan tempat penyimpanan obat-obatan. Keberadaan obat-obatan di dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara baik akan terjaga kualitasnya. Dengan begitu saat diedarkan di masyarakat luas masih tetap terjaga kualitas dan khasiat dari obatnya.

3. Memberikan Kenyamanan Para Petugas Medis

Pada industri farmasi tentunya dikerjakan oleh tenaga-tenaga medis dengan kemampuan meracik obat dan mengenali fungsi obatnya. Semua tenaga medis yang bekerja di industri farmasi tentunya menginginkan tempat kerjanya terasa nyaman. Kenyamanan dalam bekerja akan memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas produksi obat-obatannya.

Oleh karena itulah penggunaan sistem tata udara (AHU/HVAC) sangat berperan penting dalam memberikan kenyamanan bagi para petugas medis. Selain memberikan kenyamanan juga akan tetap menjaga kesterilan para pekerja sehingga kualitas obat tetap terjaga. Dengan keberadaan sistem tata udara ini pastinya lebih meningkatkan produktivitas.

4. Menghindari Lingkungan Terkontaminasi Bahan Berbahaya

Perlu diketahui bahwa pada tempat industri farmasi tentunya terdapat banyak sekali bahan-bahan kimia yang mungkin dijadikan obat-obatan tertentu. Tidak menuntut kemungkinan terdapat bahan kimia yang mungkin saja dapat berbahaya apabila tidak disimpan dengan benar. Oleh karena itulah melalui pengaturan sistem udara yang benar dapat diharapkan lebih aman.

Sistem udara yang baik akan menjadikan sebuah ruangan di dalam tempat produktivitas obat atau ruangan penyimpanan lainnya bisa lebih aman. Dengan begitu para tenaga medis dan seluruh komponen di dalam industri farmasi bisa tetap mendapat keamanan. Jadi, penggunaan sistem tata udara sesuai standar ketentuan sangatlah berperan penting.

5. Suhu Tetap Stabil

Pada sebuah ruangan tentunya harus mempunyai kondisi suhu yang stabil yakni tidak terlalu dingin dan terlalu panas. Suhu stabil ini akan mempengaruhi bahan-bahan produk farmasi yang tersimpan di dalamnya. Pengaturan udara yang benar akan menjadikan pengaturan suhu menjadi lebih stabil. Dengan begitu setiap bahan di dalam ruang produksi akan terjaga.

Demikianlah ulasan mengenai peran sistem tata udara (AHU/HVAC) terhadap keberlangsungan proses produktivitas industri farmasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaturan sistem udara sesuai standar akan memberikan dapat baik pada kondisi di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − eleven =