Apa Pentingnya Pengaturan AHU Dalam Industri Farmasi? Simak Penjelasannya! - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
APA PENTINGNYA PENGATURAN AHU DALAM INDUSTRI FARMASI

Apa Pentingnya Pengaturan AHU Dalam Industri Farmasi? Simak Penjelasannya!

Bidang Farmasi saat ini sangat komplek dan beragam,  fokus penerapan serta fungsi yang dapat digunakan pun sudah semakin luas. Pertanyaan yang sering timbul yaitu apa pentingnya pengaturan AHU dalam industri farmasi? Hal serupa terkait dalam bidang tersebut tentu menjadi sorotan, terlebih lagi penggunan yang dapat dilakukan secara massal.

Pengenalan farmasi yang selama ini diketahui oleh masyarakat luas hanyalah sekedar industri yang bersangkutan dengan obat-obatan. Hal tersebut memang benar, namun jarang cabang dari ilmu farmasi yang banyak diketahui oleh orang umum. Oleh sebab itu, mari simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Bentuk dari Tatanan Udara

AHU merupakan rangkaian metode yang dipergunakan agar  dapat mengidentifikasikan suatu tempat atau lingkungan. Terdapat proses seleksi kondisi dari suatu lingkungan lewat kontrol suhu, adanya arah pergerakan udara serta mutu dan juga tingkat kelembaban. Hal yang terkait dengan kontrol partikel serta filter pembuangan kontaminan di udara.

Tahukah pengguna, mengapa hal tersebut disebut sebagai suatu sistem? Dasar yang melatarbelakanginya karena terdiri atas alat kerja yang memiliki peranan serta kegunaan yang berbeda. Oleh karena itu integrasi yang bekerja didalamnya akan bersatu menjadi sebuah kesatuan yang terbentuk menjadi komposisi tata udara. Fungsi kerjanya digunakan untuk pengendalian terhadap suhu,tingkat sterilisasi, struktur, dorongan, serta banyaknya pertukaran udara keluar masuk.

Jumlah udara pada setiap pergantian juga dapat dilakukan saat berada di area tempat produksi. Hal tersebut dapat dilakukan jika memang telah memenuhi standar persyaratan serta ketentuan yang telah ditetapkan. Dalam sebuah AHU, hal yang sering terjadi dikarenakan, adanya Cooling Coil, Bellows, Filter, Ducting serta Dumper.

Mengapa AHU Termasuk Hal yang Penting Bagi Industri Farmasi?

Kepanjangan AHU yang perlu untuk diketahui yaitu adalah Air Handling Unit. AHU memiliki banyak sekali peranan yang dapat dipergunakan oleh berbagai pihak, sehingga memungkinkan untuk menjadi faktor pengendali. Sebenarnya, apa pentingnya pengaturan AHU dalam industri farmasi? Simak, ulasannya berikut ini.

1. Pengaman Lingkungan Hasil Produksi

Membuat kondisi tempat atau lingkungan yang aman  dipergunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Hal tersebut tentu berpengaruh, dengan kondisi yang terjamin keamanannya maka akan dapat menghasilkan berbagai produk tanpa adanya gangguan ataupun kendala. Jadi, sebelum melakukan suatu produksi pastikan terlebih dahulu jika kondisi memang sudah memenuhi syarat untuk melakukan pengerjaan.

2. Penjamin Mutu Obat

Obat dari setiap industri farmasi yang mengelola atau membuatnya tentu akan terjamin kualitasnya, apabila sudah menerapkan sistem AHU di dalamnya. Banyak sekali obat-obatan yang terkadang tidak layak pakai atau konsumsi karena kurangnya perhatian pada sistem AHU yang ada. Hasil dari yang telah diproduksikan pun tentunya akan sia-sia.

3. Membuat Lingkungan yang Kondusif

Penciptaan lingkungan yang kondusif dalam industri farmasi sangat diperlukan, dimana dengan keadaan dan kondisi kondusif lah lahirnya produk berkualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan tenaga kerja yang berada dalam lingkungan tersebut.  Jika lingkungan yang ada tak membuat nyaman, maka akan sulit melakukan hasil yang diharapkan dengan baik.

4. Melindungi dari Segala Bahan Berbahaya

Hal yang berbahaya di dalam bahan-bahan yang dipergunakan untuk menghasilkan obat tentu harus dihindari. Tingkat kelalaian dan juga sistem keamanan dalam setiap komposisi yang digunakan dalam produksi tentu dipengaruhi kinerja AHU. Metode yang digunakan didalamnya dapat membuang segala udara yang dapat merugikan, dengan begitu obat akan aman dan terlindungi.

Nah, demikianlah penjelasan terkait apa pentingnya pengaturan AHU dalam industri farmasi? Masih banyak hal menarik lainnya yang dapat dikaji dan dibahas mengenai sistem sebuah udara. Hal tersebut menjadi sangat menarik karena dapat terhubung ke berbagai macam bidang industri farmasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 3 =