5 Penyebab Air Keluar dari AC dan Cara Mengatasinya

  • Ahli HVAC
  • Apr 01, 2022

Bagi para pengguna AC pasti tidak asing lagi dengan AC yang bocor. Pengalaman air keluar dari AC tentu tidak menyenangkan dan mengganggu kenyamanan. Apalagi jika tetesan air keluar dari AC dan mengenai kasur atau lantai dan menciptakan genangan di sudut-sudut rumah.

AC bocor sering jadi masalah yang harus dicari sumber penyebabnya agar bisa menemukan solusi tepat untuk permasalahan tersebut. Karena jika dibiarkan rusak tentu dapat mempengaruhi kualitas udara. Lantas apa penyebab AC keluar air dan bagaimana langkah singkat mengatasinya? Berikut simak penjelasan singkatnya!

1. Tersumbat Aliran Pembuangan Air

Penyebab AC bocor yang pertama karena menyumbatnya aliran air pembuangan tetesan AC. Tersumbatnya aliran air dapat terjadi karena kotoran atau debu yang menghalangi unit indoor AC. Apabila saluran pembuangan penuh dengan kotoran atau debu, maka air akan menetes melalui celah indoor AC.

Namun tidak perlu khawatir, karena cara mengatasinya cukup mudah. Cukup bersihkan talang pembuangan AC. Caranya dengan menyemprotkan talang AC hingga semua kotoran dan debu keluar.

2. Instalasi Yang Salah

Kebocoran pada AC dapat terjadi karena pemasangan instalasi AC yang salah. Bisa jadi karena kemiringan saluran pembuangan. Saluran pembuangan yang kemiringannya tidak tepat bisa membuat air yang menetes dari AC justru tidak keluar ke saluran pembuangan.

Cara mengatasi permasalahan ini yakni dengan membuka casing AC lalu atur kembali kemiringannya. Hal ini bertujuan agar air dapat menetes dan mengalir keluar melalui celah saluran pembuangan.

3. Tersumbat Debu dan Kotoran

Penyebab air keluar dari AC yang lainnya adalah karena debu dan kotoran yang menyumbat saluran pembuangan. Masalah ini yang paling umum terjadi dan sering ditemui. Penumpukan debu dan kotoran membuat air mencari jalan serta lubang lainnya di dalam AC untuk keluar. Inilah penyebab air AC keluar lewat jalur yang tidak normal.

Bahkan menyumbatnya kotoran dan debu bisa meningkatkan pertumbuhan jamur dan justru akan berbahaya bagi kesehatan. Karena udara yang dihasilkan akan tidak bersih dan sehat. Cara mengatasinya adalah dengan rutin membersihkan atau service AC minimal 6 bulan sekali.

 4. Air Menetes Melalui Celah Tersembunyi

Kebocoran AC juga bisa dikarenakan air yang secara tiba-tiba keluar dari celah tersembunyi. Umumnya celah kecil tersebut akan terlihat ketika dicek dengan senter. Celah tersebut juga biasanya terletak pada sudut-sudut yang tidak terjangkau penglihatan manusia. Jadi harus diperhatikan dengan seksama untuk mencari celah-celah tersembunyi tersebut.

Solusi untuk memperbaikinya adalah pertama dengan mengikuti sumber tetesan air untuk mengetahui letak lubang tempat air tersebut keluar. Kemudian perbaiki AC menggunakan jasa profesional dan terpercaya. 

5. Drain Pan Rusak dan Berkarat

Drain pain AC berfungsi untuk menampung air yang menetes dari AC. Umumnya alat ini bisa rusak karena faktor usia AC. Penyebab air keluar dari AC terjadi karena usia AC sudah lebih dari 10 tahun atau tergantung dari cara pemakaian.

Cara mengatasi persoalan tersebut yakni dengan rutin membersihkan saluran pembuangan talang AC bagian belakang. Teknisi AC biasanya akan melepas pipa sambungan pada unit indoor, kemudian menyemprot talangan pembuangan air hingga bersih. Setelah semua kotoran hilang seka bagian-bagian AC yang basah agar tidak terjadi pengkaratan. 

Demikian 5 penyebab air keluar dari AC dan cara mudah untuk mengatasinya. Jaga dan rawat AC agar udara yang dihasilkan selalu bersih dan terhindar dari kebocoran. Jika kebocoran sudah terjadi maka pastikan untuk memanggil teknisi handal dan terpercaya untuk mengatasi persoalan tersebut. 

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama