Ketahui 3 Penyebab AC Bocor di Indoor

  • Ahli HVAC
  • Apr 03, 2022

Memiliki udara yang segar adalah dambaan setiap manusia. Ruangan yang segar, udara yang bersih dan lingkungan yang nyaman diciptakan untuk menambah kenyamanan. Hal ini sama seperti memasang AC pada sebuah ruangan untuk tujuan khusus, yaitu menyejukan ruangan. Sayangnya, terkadang mengalami masalah, yaitu AC bocor. Penyebab ac bocor di indoor juga bermacam-macam.

Untuk mengatasinya, pertama yakni harus mengetahui dulu penyebabnya mengapa AC di indoor bisa bocor. Sebetulnya penyebab-penyebab yang terjadi biasanya remeh, namun sama saja jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan kerugian yang signifikan. Agar lebih paham mengenai penyebab serta cara mengatasi hal ini, simak penyebab AC di indoor bocor, yaitu:

1. Tersumbatnya Saluran Pembuangan AC

Hal pertama yang menjadi  penyebab adalah karena saluran pembuangan yang melekat pada AC mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini dapat terjadi karena menumpuknya debu serta menghalangi arus jalannya air yang akan dikeluarkan. Debu yang membandel dapat menghambat perjalanan air keluar. Kotoran yang ada tidak bisa hilang begitu saja melalui aliran air, namun tentunya harus dibersihkan.

Terhambatnya saluran karena kotoran ini adalah hal yang umum dialami oleh pemilik AC. Jangan salah anggap bahwa AC indoor akan terbebas dari kotoran dan debu, justru debu yang menumpuk pada sebuah ruangan akan menjadi penyebab kerusakan pada AC yang disebabkan karena kotoran ini. Tidak perlu khawatir berlebihan karena persoalan ini cukup mudah diatasi oleh orang biasa maupun teknisi khusus.

2. Menetesnya Air pada Tempat yang Salah

Penyebab ac bocor di indoor yang kedua adalah karena AC menetes pada saluran yang salah. Maksud dari kalimat ini adalah, jika seharusnya air AC dikeluarkan melalui lubang pembuangan khusus tetapi kali ini tidak. Hal ini menimbulkan masalah karena kondisi AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya. AC yang seharusnya menetes hanya melalui saluran pembuangan malah menetes pada tempat yang tidak tepat.

Beberapa hal dapat menjadi faktor kejadian ini, salah satunya adalah kesalahan dalam pemasangan AC. Sebenarnya bukan hanya kesalahan pemasangan namun kerusakan alat atau badan AC dapat menjadi pemicunya. Segera ditangani oleh teknisi khusus AC akan memudahkan perbaikan. Sebaliknya, jika kerusakan kecil ini dibiarkan begitu saja maka dapat memberikan dampak yang lebih parah, dan tentunya menguras dana.

3. Masa AC yang Sudah Tua

Penyebab terakhir mengapa AC bisa bocor adalah karena memang AC yang digunakan sudah tidak layak atau dalam artian lain sudah tua. AC yang sudah digunakan lebih dari lima tahun atau bahkan delapan tahun akan memiliki kinerja yang lebih rendah. Hal ini lumrah terjadi karena memang alat pada AC mengalami penurunan fungsi.

Tidak sulit untuk mengetahuinya, jika AC sudah sering mengalami perbaikan pada hal yang sama, maka memang perlu diganti.Solusi dalam permasalahan ini tidak sulit, ganti dengan AC baru. Memperbaiki AC yang sudah tua secara terus menerus akan menguras kantong. Bahkan biaya yang dikeluarkan bisa lebih banyak daripada untuk pembelian AC yang baru.

Tiga penyebab ac bocor di indoor dapat menjadi patokan ketika ingin melakukan perbaikan pada AC. Mengetahui penyebab dari suatu masalah akan mempermudah proses mengatasinya. Cermati apa saja yang sekiranya menjadi masalah dan tangani secara tepat. Penanganan yang salah akan memperparah keadaan, hubungi seorang teknisi ac jika memungkinkan, tentunya harus siap dana sebagai ganti jasa perbaikan.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *