Simak 7 Solusi untuk AC Bocor Air Menetes, Langsung Coba!

  • Ahli HVAC
  • Apr 21, 2022

Menggunakan jenis alat elektronik seperti Air Conditioner secara rutin memang bisa memunculkan permasalahan yang tidak terduga seperti kebocoran yang parah. Namun setidaknya pada masa sekarang ini, sudah ada beberapa solusi yang terbaik untuk kondisi AC bocor air menetes secara langsung. Belum lagi jika solusinya diperlukan dalam waktu yang cukup singkat.

Sebenarnya, untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi pada alat seperti AC, diperlukan beberapa pemahaman terkait penyebab yang dimiliki oleh kerusakannya. Namun setidaknya, beberapa solusi yang bisa dicoba ini dapat disesuaikan dengan penyebab yang dimiliki sehingga tidak perlu khawatir. Silakan simak penjelasan secara detail dalam uraian di bawah ini:

1. Mengganti Filter AC

Tidak dapat dielakkan bahwa jika salah satu jenis penyebab dari kebocoran AC yang seringkali ditemui adalah adanya filter yang kotor. Kemudian jika menghadapi permasalahan dengan penyebab seperti itu, maka sebaiknya mulai dengan mengganti bagian filter sehingga kulkas bisa dipakai lagi. Namun sebaiknya pilih juga jenisnya yang sesuai dengan merek kulkas.

2. Membersihkan Selang AC

Kemudian ada juga solusi yang tidak kalah penting lainnya yang tentu saja dapat dimanfaatkan pengguna dengan mudah dan pertama kalinya. Kali ini, setiap pemilik dan pengguna alat seperti AC hanya perlu mencoba untuk membersihkan bagian khusus yang bernama selang AC. Bahkan sebenarnya proses yang dilakukan pun tidak memerlukan waktu lama.

3. Memperbaiki Bagian Kompresor

Sementara itu, jika menemukan kondisi yang lainnya seperti  AC bocor air menetes namun karena kompresor, maka cara ini bisa dicoba. Setiap pengguna juga tidak perlu merasa khawatir karena hanya perlu mencoba untuk mengecek bagian kompresor kemudian mengeluarkannya dengan cukup hati-hati. Setelah itu, silahkan coba memperbaiki beberapa tahanan run yang ada.

4. Mengecek Komponen Pipa

Selain beberapa solusi yang telah dijelaskan sebelumnya, ada pula jenis solusi lainnya yang ternyata menarik untuk dicoba pengguna secara langsung. Apalagi secara sederhana, setiap pengguna hanya perlu mencoba untuk melakukan proses pemeriksaan bagian pipa dari AC dengan cara yang hati-hati. Nantinya, silahkan langsung dilanjutkan dengan membersihkan bagian pipa yang ada.

5. Memasang Kembali AC

Jangan sampai dilewatkan untuk dikenali pula sejak awal, ternyata ada solusi menarik lainnya untuk  AC bocor air menetes dengan mudah. Namun mungkin jika dibandingkan dengan beberapa cara yang sebelumnya, jenis cara dan solusi ini bisa memakan waktu yang lebih lama. Apalagi proses instalasi ulang AC perlu dipraktikkan dengan lebih teliti.

6. Menyesuaikan Bagian Kemiringan

Selanjutnya, ada juga jenis solusi yang lainnya yang sebenarnya secara sederhana masih berkaitan erat dengan proses instalasi dari AC ini. Namun kali ini, setiap pengguna diminta untuk lebih teliti dalam mempertimbangkan aspek kemiringan dari setiap AC yang ingin dipasang kedua kalinya. Selain itu, sesuaikan kemiringan tersebut dengan ruangan yang memang dipakai.

7. Menghubungi Pihak Profesional

Untuk jenis solusi yang terakhir ini juga jangan sampai ketinggalan untuk dijadikan sebagai pilihan terbaik dan dicoba untuk pertama kalinya. Namun tentu saja, jenis solusi ini lebih bisa dimasukkan rekomendasi jika beberapa cara sebelumnya sudah dicoba namun belum ada perubahan. Jangan lupa pula untuk menyediakan uang dalam jumlah yang banyak.

Ulasan yang mencoba memberikan beberapa jenis rekomendasi untuk  AC bocor air menetes seperti di atas dapat dikenali dahulu sejak awal. Apalagi jika tiba-tiba saja dipertemukan dengan kesalahan yang sejenis tersebut, setiap pengguna bisa segera mengatasinya tanpa benar-benar membuang waktu banyak. Selain itu, beberapa jenis solusinya juga bisa dicoba berulang kali.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama