AC 2 PK Berapa Ampere

  • Ahli HVAC
  • Mar 10, 2022

PK merupakan sebuah komponen atau nilai di dalam AC yang sangat penting. Penentuan PK ini juga penting karena menentukan juga berapa kapasitas AC yang akan digunakan di satu ruangan. Ada beberapa jenis PK yang sesuai dengan ampere-nya, salah satu ukurannya yaitu 2 PK. Jadi, untuk AC 2 PK berapa ampere yang digunakan? Berikut penjelasannya!

Ukuran Ampere

Jika ada sebuah pertanyaan AC 2 PK berapa ampere? Mungkin banyak yang bingung untuk menjawabnya. Karena, memang tidak semua orang mengetahui hal ini dan mempelajarinya. Sebenarnya, untuk ukuran ampere ini sudah ada ukuran standarnya sesuai dengan PK yang digunakan. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut beberapa ukuran PK beserta dengan ukuran ampere-nya:

  • Untuk ukuran AC ½ PK memiliki daya ampere sebesar 1.5 hingga 2.5 ampere.
  • Pada ukuran AC 1 PK mempunyai ukuran ampere dari 2.5 hingga 3.5 ampere.
  • Ukuran AC 1 PK juga kadang memiliki daya ampere sebesar 3 sampai 4.5 ampere.
  • AC dengan ukuran PK 1 1/5 biasanya memiliki ukuran ampere dari 4.5 hingga 5.5 ampere.
  • Nah, untuk ukuran 2 PK memiliki ampere sebesar 6.8 sampai 8.1 ampere.

Dari penjelasan di atas, sudah sangat jelas dituliskan bahwa AC dengan ukuran 2 PK memiliki daya ampere sebesar 6.8 hingga 8.1. Nah, jadi jika akan memasang AC dengan PK sebesar 2 maka ampere yang akan digunakan sebesar itu. Jadi, si pemilik sudah dapat menentukan daya listrik yang akan digunakan pada satu ruangan.

Cara Mengecek Ampere

Pengguna juga dapat mengecek sebuah kapasitas ampere pada AC, tidak banyak orang yang mengetahui hal ini. Padahal, caranya cukup mudah dan hanya menggunakan beberapa alat saja. Bahkan, bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu mengundang tenaga ahli. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja tutorial di bawah ini:

  • Siapkan beberapa alat yang diperlukan seperti obeng, kunci inggris, tang amper, hingga analyzer. Pastikan semua alat dapat digunakan dengan benar terutama pada tang amper, karena tang tersebut yang akan mengetahui berapa besar ampere yang digunakan pada AC tersebut.
  • Kemudian jika sudah siap semua, nyalakan AC yang akan dicek terlebih dahulu. Pastikan AC menyala dengan baik serta sempurna.
  • Setelah itu pada bagian luar juga harus menyala, jangan lupa juga untuk membuka bagian tutup panel listrik yang ada di bagian luar tersebut.
  • Selanjutnya gunakan tang amper untuk mengeceknya, posisikan tang pada ukuran 2 k ampere. Lalu pasanglah juga tang amper pada kabel listrik yang tersedia di panel yang sudah dibuka tadi.
  • Untuk langkah selanjutnya sesuaikanlah nilai ampere yang tertera pada tang serta nilai ampere yang terdapat pada bagian luar serta dalam perangkat AC itu. Pastikan nilainya harus sesuai serta sama.
  • Hal yang harus diingat adalah pastikan nilai ampere tidak melebihi dari kapasitas atau standarnya. Karena, jika melebihi akan menyebabkan AC yang digunakan tidak akan bekerja dengan baik dan menjadi tidak sesuai dengan suhunya.
  • Jika terjadi nilai ampere yang masih jauh dari standar, maka pengguna bisa menambahkan freon yang digunakan. Begitu juga sebaliknya, jika nilai ampere-nya sudah melebihi kapasitas maka pengguna harus mengurangi freon di dalamnya.

Nah, jadi itulah jawaban jika ada yang bertanya AC 2 PK berapa ampere? Masing-masing PK juga memiliki nilai ampere yang berbeda-beda. Sebaiknya, gunakan nilai ampere yang sesuai dengan PK agar AC dapat bekerja dengan normal serta optimal. Pengguna juga dapat mengecek nilai ampere sesuai dengan cara yang sudah disebutkan di atas.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama