7 Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
kompresor ac mati tapi kipas hidup

7 Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Memasuki musim kemarau dengan hawa panas yang terik, hal terburuk yang dapat terjadi pada adalah AC yang tidak berfungsi dengan baik. Alih-alih bersantai adalah udara yang menyenangkan dan sejuk, badan malah kepanasan akibat udara panas yang sangat berlebihan. Hal ini terjadi saat kipas AC berjalan, tetapi kompresor tidak bekerja. Sebenarnya apa penyebab dari kerusakan ini? Inilah 7 penyebab kompresor ac mati tapi kipas hidup.

1. Pengaturan Termostat Salah Atau Thermostat Rusak

Seseorang mungkin atau karena kesalahan mengubah pengaturan termostat. Saat mengharapkan kompresor bekerja untuk mendinginkan ruangan, tetapi termostat membaca ruangan sebagai sudah cukup dingin. Jadi kompresor tidak perlu dihidupkan. Jika demikian, yang perlu dilakukan hanyalah mengubah termostat ke pengaturan yang benar. Jika thermostat rusak, segera panggil teknisi AC dan satu-satunya pilihan adalah menggantinya.

2. Kumparan dan Filter Kotor

Kumparan kondensor dan filter udara yang kotor dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada kompresor, menyebabkan kompresor menjadi terlalu panas. Pada saat seperti itu, kompresor mati secara otomatis. Jika gagal membersihkan filter udara dan koil kondensor, kompresor  mungkin benar-benar mati. Alih-alih menunggu itu terjadi, bersihkan coil kondensor, dan ganti filter udara, singkirkan semua penghalang dan penyumbatan di ventilasi sehingga udara mengalir dengan bebas.

3. Unit Tidak Menerima Daya

Jika memiliki AC split, ada kemungkinan unit luar yang menampung kompresor tidak mendapatkan daya. Kipas berfungsi karena unit bagian dalam tidak menghadapi masalah seperti itu. Untuk ini, pengguna perlu memiliki pengetahuan tentang kelistrikan. Pengguna harus memeriksa kabel yang menghubungkan kedua unit.  Circuit breaker juga perlu dicek untuk dan juga apakah ada sekring yang putus atau tidak. Jika tidak dapat melakukan semua ini sendiri, hubungi teknisi AC untuk memeriksanya.

4. Masalah Kapasitor dan Relay

Penyebab kompresor AC mati tapi kipas hidup yang selanjutnya adalah masalah di kapasitor dan relay. Kapasitor AC dan relay sangat penting untuk menyuplai daya ke kompresor. Sebagian besar waktu inilah yang menyebabkan masalah kompresor. Kabar baiknya adalah bahwa harganya murah dan tidak akan membebani kantong jika tidak perlu. Namun, menggantinya sedikit rumit, jadi mungkin akan membutuhkan teknisi yang berkualifikasi untuk menanganinya.

5. Kompresor Mati

Ketika masalah kecil dibiarkan begitu saja, mereka meledak keluar dari proporsi dan menyebabkan kerusakan besar. Salah satu kerusakan yang dapat disebabkan oleh unit yang terlalu panas dan kapasitor yang rusak adalah kompresor yang mati. Saat kompresor mati, satu-satunya pilihan adalah menggantinya dengan yang baru karena tidak ada perbaikan yang dapat dilakukan. Penggantian kompresor hanya boleh ditangani oleh ahli HVAC.

6. Ketidaksesuaian Antara Unit Indoor Dan Outdoor

Pada AC split, pengguna tidak bisa begitu saja mengganti unit lengkap (indoor atau outdoor), sesuai keinginan dan fantasi jika ada masalah. Kedua unit tersebut cocok satu sama lain. Jika baru-baru ini pengguna mengganti salah satu unit, dan kompresor tidak berfungsi, ini mungkin menunjukkan fakta bahwa kedua unit tersebut tidak cocok. Ini adalah kesalahan yang mahal. Segera hubungi perusahaan HVAC untuk mengetahui detail lebih lanjut.

7. Unit Lama

AC  mungkin benar-benar tua dan sudah melewati masa pakainya yang produktif. Dengan bertambahnya usia, komponen internal memburuk karena keausan. Kompresor AC tidak berfungsi tetapi kipas berjalan, mungkin merupakan salah satu cara di mana masalah memanifestasikan dirinya. Jika unit  sudah lama, sebaiknya beli yang baru untuk menghindari masalah di masa mendatang.

Demikian tadi 7 penyebab kompresor ac mati tapi kipas hidup yang mungkin jarang diketahui oleh para pengguna. Kompresor AC tidak berfungsi tetapi kipas bekerja, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran. Tetapi tindakan terbaik adalah meminta ahli HVAC untuk memeriksa masalah ini jika tidak ingin terjadi kerusakan lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 10 =