6 Cara Pasang Kabel AC Inverter Secara Mandiri - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0

6 Cara Pasang Kabel AC Inverter Secara Mandiri

Secara garis besar, terdapat dua kategori AC berdasarkan pada cara kecepatan kinerja, yaitu AC inverter dan AC non inverter. Terkenal memiliki kelebihan dalam mengatur kecepartan kinerja yang ada pada bagian kompresor, sebagian masyarakat lebih memilih AC inverter. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui dan memahami cara pasang kabel AC inverter secara mandiri.

Pada umumnya, proses pemasangan AC dan kabel AC inverter dilakukan dengan bantuan dari para profesional yang disediakan oleh toko. Padahal masyarakat dapat melakukan tiap tahap dari cara pasang kabel AC inverter sendiri di rumah masing-masing. Ingin tahu lebih lanjut dan tertarik untuk mencoba? Maka simak dan pahami setiap langkah berikut ini.

1. Menentukan Lokasi yang Diinginkan

Sebelum melakukan setiap langkah dari cara pasang kabel AC inverter, masyarakat harus terlebih dahulu menentukan lokasi dan posisi yang diinginkan. Pilih lokasi yang tidak akan menghalangi proses keluarnya udara dari AC dan posisi yang terbaik sesuai kenyamanan. Setelah itu, keluarkan setiap bagian dari AC inverter dari kardus penyimpanan dengan esktra hati-hati.

Pisahkan bagian-bagian dari unit dalam dan unit luar untuk mempermudah dalam proses pemasangan kabel AC inverter. Pastikan kabel yang akan dipasang nantinya benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan terutama ukuran kawat konduktor dan aliran listrik yang dihasilkan.

2. Melakukan Pemasangan Bracket Indoor

Bracket indoor merupakan salah satu bagian dari AC inverter yang harus dipasang dengan benar sehingga kabel dapat berfungsi dengan tepat. Gunakan alat bantu seperti fisher yang kuat untuk meletakkan dan mematenkan posisi dari bracket pada dinding. Jika mengalami kesusahan, masyarakat dapat juga memanfaatkan paku beton untuk mencegah adanya pergeseran posisi.

Ketika melakukan proses pemasangan bracket indoor, pastikan bahwa bracket terpasang dengan ukuran kemiringan yang rata-rata. Ukuran kemiringan mungkin akan sulit untuk diperkirakan sehingga manfaatkan bantuan waterpas untuk mendapatkan ukuran yang tepat.

3. Mengatur Vakumisasi Instalasi Pipa

Cara selanjutnya ini harus dilakukan dengan teliti karena memiliki pengaruh yang besar dalam kualitas kinerja dari AC inverter. Selain itu, melakukan vakumisasi instalasi pada pipa AC inverter merupakan hal wajib dan krusial agar kebocoran dapat terhindarkan. Tutup sambungan menggunakan tharmaflex dan rekatkan dengan solasi atau perekat lainnya agar tampak rapi.

Jika vakumisasi instalasi pada pipa AC inverter telah dilakukan dengan tepat, maka lanjutkan dengan menghubungkan kabel sumber daya bagian indoor. Jangan lupa untuk memastikan jenis kabel yang dipakai adalah kabel yang sesuai dengan spesifikasi dari pabrik produk berasal.

4. Memasukkan Kabel Power Outdoor

Setelah memastikan kabel sumber daya pada bagian indoor terpadang dengan baik dan erat, lanjutkan dengan melakukan pemasangan kabel power outdoor. Masukkan kabel pada lubang yang disediakan dan pasangan setiap kabel dengan terminal sesuai dengan kategori warna yang dimiliki. Sebelum mematenkan dengan obeng, pastikan bahwa kabel berwana kuning tersambung pada ground.

5. Menyetel Selang Analizer

Seperti halnya bagian-bagian yang lain, pemasangan selang analizer pada AC inverter harus dipastikan sehingga dapat berfungsi dengan baik. Cari dan temukan ruang pentil yang ada pada bagian outdoor kemudian masukkan selang ke dalam ruang tersebut. Setelah itu, gunakan kunci berbentuk L untuk membuka setiap keran yang ada pada dua nepel.

6. Mengaplikasikan Kabel Instalansi AC

Hal yang harus dilakukan untuk mengakhiri proses pemasangan kabel AC inverter adalah memasang dan mengaplikasikan kabel instalasi AC. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kabel telah sesuai dengan standar dan terdiri dari tiga jenis kawat. Gunakan bantuan obeng untuk membuka samping AC dan pertemukan kabel dengan lubang yang tersedia di sana.

Akhir kata, sebagai bagian yang memastikan bahwa perabotan dapat digunakan dengan baik, kabel dari AC inverter harus terpasang dengan baik pula. Masyarakat dapat memanfaatkan jasa profesional, namun mempraktikkan cara pasang kabel AC inverter secara mandiri patut dicoba. Selain itu, proses pemasangan kabel AC inverter yang dilakukan sendiri dapat menghemat biaya pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − ten =