6 Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Inilah Spesifikasi Freezer Aqua 4 Rak Terlengkap

6 Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Dewasa ini, kulkas sudah menjadi salah satu alat elektronik wajib hampir di setiap rumah. Dengan adanya kulkas, setiap orang lebih dimudahkan dalam menyimpan bahan-bahan makanan serta mendinginkan minuman. Namun, kulkas juga merupakan alat elektronik yang bisa rusak sewaktu-waktu. Salah satu gejala yang sering terjadi adalah kulkas tidak dingin namun lampunya menyala. Untuk itu, artikel kali ini akan menjelaskan 6 cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

1. Putuskan Pasokan Listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika terjadi gejala ini adalah putuskan lemari es dari suplai listrik sebelum melakukan proyek perbaikan apa pun. Ini bertujuan untuk menghindari korselting listrik yang mungkin bisa terjadi secara tiba-tiba selama proses reparasi kulkas. Pindahkan juga semua isi kulkas seperti bahan makanan dan minuman ke dalam satu wadah. Setelah dua hal ini dilakukan, maka proses reparasi siap dimulai.

2. Periksa Suhu

Ada kenop pengatur suhu yang terletak di dalam lemari es. Saat suhu disetel terlalu tinggi, kompresor tidak akan bekerja dan lemari es tidak akan mendingin, jadi atur kenop sehingga disetel ke suhu yang lebih rendah dan lihat apakah kompresor mulai. Jika tidak, mungkin ada masalah dengan pengontrol suhu itu sendiri. Apabila pandai dalam menangani masalah elektronik, hal ini cukup mudah dilakukan. Namun solusi terbaik adalah memanggil tukang servis yang lebih ahli.

3. Periksa Sirkulasi Udara

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala yang selanjutnya adalah dengan memeriksa sirkulasi udara di sekitar kulkas. Kulkas membutuhkan ruang yang cukup di sekelilingnya untuk aliran udara. Idealnya, setidaknya harus ada jarak tiga inci antara lemari es dan dinding rumah, dan setidaknya satu inci jarak antara langit-langit dan bagian atas lemari es. Jika ini masalahnya, pertimbangkan untuk memindahkan lemari es ke lokasi yang lebih sesuai.

4. Periksa Gulungan Kompresor

Gulungan hitam di bagian belakang lemari es dikenal sebagai gulungan kondensor . Gulungan inilah yang memungkinkan lemari es mendingin dengan menghilangkan panas. Jika tidak dibersihkan secara teratur, efisiensinya dapat hilang dan selama beberapa waktu dan dapat berhenti mendingin sepenuhnya. Periksa apakah gulungan kondensor bersih, dan jika tidak, gunakan penyedot debu atau sikat dan sedikit sabun dan air untuk membersihkannya secara menyeluruh.

5. Uji Kompresor

Kompresor merupakan salah satu bagian penting dari lemari es. Jika masih menghadapi masalah setelah semua cara diatas, Lepaskan lemari es dari stopkontak listrik selama dua jam. Sekarang, pasang sekali lagi untuk melihat apakah kompresor mulai. Jika ya, masalahnya terkait dengan kompresor yang terlalu panas. Dan situasinya mengharuskan untuk menyewa ahli perbaikan lemari es.

6. Cek Pengaturan Pencairan

Lemari es yang lebih tua dilengkapi dengan tombol untuk mencairkan secara manual. Terkadang, tombol macet dalam mode defrost, menyebabkan lemari es berhenti mendingin. Coba tarik kembali tombolnya dan lihat apakah ini menyebabkan lemari es menyala. Jika kulkas adalah model yang lebih baru dan dilengkapi dengan pencairan otomatis, mungkin ada masalah dengan unit pengatur waktu pencairan. Ini harus diperiksa oleh seorang profesional juga.

Nah, itulah tadi 6 cara memperbaiki kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Meskipun mengganti beberapa komponen di lemari es tidak terlalu sulit, menemukan penyebab pasti masalahnya bisa jadi rumit dan memerlukan penggunaan peralatan pengujian listrik. Kompresor, kipas kompresor, atau termostat pencairan mungkin harus diganti, yang harus dikerjakan oleh seorang profesional berlisensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =