5 Perbedaan AC Inverter Dan Low Watt - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0

5 Perbedaan AC Inverter Dan Low Watt

Tingginya minat dan kebutuhan masyarakat akan mesin pendingin udara, membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba meluncurkan barang baru. Alhasil, sekarang ini banyak beredar produk dengan berbagai tipe yang sering kali membuat banyak orang bingung mencari perbedaan AC inverter dan low watt. Tentu masing-masing jenis memiliki kelebihan serta kekurangan.

Mengingat hal itu, sebagai konsumen harus selektif memilih mesin pendingin udara yang berkualitas. Penting juga untuk mengetahui ketidaksamaan AC inverter dan low watt, sehingga dapat menentukan pilihan tepat. Ketidaksamaan antara kedua tipe tersebut dapat dilihat dari beberapa sisi seperti berikut ini:

1. Konsumsi Energi Listrik

AC inverter dan low watt sama-sama dikenal sebagai mesin pendingin udara dengan tingkat konsumsi energi listrik cukup rendah. Walaupun demikian, jika dibandingkan antara keduanya tipe inverter relatif lebih hemat. Pasalnya, produk tersebut sudah dibekali dengan fitur khusus sehingga bisa menurunkan tingkat daya mencapai 225 Watt.

Berbeda halnya jika pemakaian AC tersebut hanya untuk 2 sampai 3 jam saja, maka mesin pendingin udara low watt jauh lebih unggul dengan tingkat konsumsi daya cukup rendah. Hal itu karena produk tersebut memiliki tingkat daya listrik lebih stabil dan relatif rendah apabila dibandingkan dengan jenis inverter.

2. Harga

Bicara mengenai perbedaan antara kedua jenis mesin pendingin udara tersebut juga bisa dilihat dari tarif jualnya. Berdasarkan poin ini harga AC tipe inverter memang jauh lebih mahal dibandingkan low watt. Selisihnya sendiri bisa mencapai hampir dua kali lipat.

Perbedaan harga yang cukup fantastis ini memang menjadi bahan pertimbangan banyak orang. Meskipun demikian, penentuan tarif jual produk tersebut tentu bukan tanpa alasan. Tingginya bea AC inverter disebabkan karena mesin pendingin udara itu sudah dibekali dengan berbagai teknologi canggih, seperti sensor pendeteksi manusia, smart filter dan masih banyak lainnya.

3. Suara yang Ditimbulkan

Hal lain yang menjadi pembeda antara kedua mesin pendingin tersebut juga bisa ditinjau dari suaranya. Produk jenis low watt menimbulkan bunyi cukup berisik. Alasannya karena ukuran kompresor yang dipakai lebih kecil sehingga suara outdoor AC relatif keras.

Berbeda halnya dengan mesin pendingin udara inverter, tipe ini menggunakan ukuran kompresor dengan beban cukup besar sama seperti umumnya. Tentunya kinerja yang dihasilkan juga lebih kuat sehingga bagian outdoor AC tidak menimbulkan suara berisik.

4. Waktu Pendinginan Udara Ruangan

Ketidaksamaan antara keduanya juga tampak dari waktu pendinginan udara ruangan. Cara paling mudah untuk mencari perbedaan AC inverter dan low watt dengan melihat tingkat kinerjanya. Ketika dibandingkan dalam hal ini, mesin pendingin tipe inverter memang jauh lebih unggul karena bisa membuat suhu ruangan berubah dalam waktu relatif cepat.

Hal itu karena kompresornya lebih besar sehingga tenaga yang dihasilkan pun juga kuat. Mempertimbangkan kondisi tersebut maka tidak heran jika AC tipe inverter membutuhkan waktu relatif lebih singkat untuk membuat udara di ruangan mencapai suhu tertentu.

5. Metode Pemakaian

Masih bingung mencari perbedaan mesin pendingin inverter dan low watt? Ketidaksamaan yang mencolok diantara keduanya bisa ditinjau dari metode pemakaian. AC jenis low watt kurang cocok jika digunakan secara terus menerus dalam kurun waktu lama. Hal itu disebabkan karena beban kerja kompresornya tidak sekuat tipe inverter.

Berbanding terbalik dengan hal itu, AC jenis inverter malah bagus digunakan dalam kurun waktu cukup lama dan terus menerus. Pasalnya, kompresor yang digunakan cukup besar. Mesin pendingin udara ini juga dilengkapi dengan teknologi khusus sehingga sistem kerja kompresor bisa berubah sesuai kebutuhan. Kondisi tersebut secara tidak langsung menekan tingkat konsumsi energi listrik jadi lebih irit.

Demikian sekilas gambaran mengenai ketidaksamaan antara kedua jenis mesin pendingin udara tersebut. Semoga dengan ulasan singkat seputar perbedaan AC inverter dan low watt bisa dijadikan sebagai referensi. Terutama ketika kebingungan untuk menentukan pilihan tepat sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =