5 Penyebab Freon AC Bocor Paling Sering Terjadi - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0

5 Penyebab Freon AC Bocor Paling Sering Terjadi

Panasnya udara ketika musim kemarau membuat banyak orang merasa kurang nyaman. Mengatasi persoalan itu, kini banyak orang memutuskan untuk memakai mesin pendingin udara atau Air Conditioner (AC). Walaupun demikian, kurangnya perawatan bisa berakibat buruk. Terlebih ketika terdapat masalah kebocoran freon. Mengantisipasi hal itu, penting bagi pemakai untuk mengetahui penyebab freon AC bocor. Faktor-faktor tersebut diantaranya seperti:

1. Tersumbatnya Saluran Pembuangan

Kebocoran freon merupakan masalah yang paling umum terjadi pada mesin pendingin. Umumnya, penyebab freon AC bocor diakibatkan adanya sumbatan di saluran pembuangan. Faktor terjadinya penyumbatan sendiri beragam, bisa jadi akibat penumpukan debu, kotoran maupun keberadaan benda asing.

Penumpukan kotoran tersebut lama kelamaan bisa memicu munculnya jamur yang menyumbat saluran pembuangan. Apabila kondisi tersebut tidak segera diatasi akibatnya terjadi tendensi pada bagian dalam sehingga freon menjadi bocor karena terlalu lama tertekan. Menghindari terjadinya persoalan seperti itu, maka penting untuk dilakukan pengecekan dan pembersihan secara rutin.

2. Adanya Kesalahan Penyambungan Pipa Instalasi AC

Faktor lain yang menyebabkan freon bocor bisa jadi dipicu karena adanya kesalahan pemasangan pipa. Posisi pipa yang benar standarnya sedikit condong ke arah belakang serta menghadap keluar. Tujuannya supaya proses eliminasi air di saluran pembuangan bisa berjalan lebih mudah dan lancar.

Ketika pipa instalasi AC tidak tersambung dengan sempurna dapat mengakibatkan freon mengalami kebocoran. Pasalnya, freon memiliki sifat seperti gas yang bisa keluar dengan mudah saat terdapat celah sekecil apapun. Menghindari persoalan seperti ini, maka diperlukan kehati-hatian dan ketelitian ketika proses penyambungan. Sebaiknya juga rutin untuk melakukan pemeriksaan.

3. Kualitas Pipa Sudah Tidak Layak Pakai

Kebocoran freon Ac juga bisa jadi terjadi akibat pipa mesin pendingin mengalami masalah. Perlu diketahui, pada dasarnya pipa AC tidak memiliki sambungan dibagian utama. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kalau pipa tersebut bocor akibat kualitasnya sudah jelek karena termakan usia.

Kebocoran pada pipa AC secara tidak langsung juga memicu terjadinya masalah di bagian freon. Pasalnya, pipa tersebut menghubungkan antara bagian indoor dan outdoor AC. Ketika terdapat sedikit celah di pipa maka freon akan bocor dan cepat habis.

4. Terjadi Keretakan Di Flaring

Menyinggung penjelasan sebelumnya, untuk menyambung pipa instalasi AC memakai sistem baut. Biasanya para teknisi akan melakukan flaring supaya hasil penyambungan tersebut bisa sempurna. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan jika terjadi keretakan saat proses flaring selesai dilakukan.

Keretakan tersebut secara tidak langsung akan menjadi celah keluarnya freon. Tanpa disadari jika keretakan itu terus dibiarkan freon akan cepat habis. Menghindari hal seperti itu, sebaiknya gunakan peralatan berstandar supaya proses penyambungan berjalan baik.

5. Kondensor Pipa Unit Keropos

Kebocoran freon juga bisa dipicu karena kondensor pipa unit keropos. Hal tersebut biasanya terjadi karena usia pemakaian yang cukup lama. Karat yang muncul di bagian kondensor pipa unit secara terus menerus akan menggerogoti hingga keropos dan bocor.

Masalah seperti itu biasanya bisa ditandai dengan kemunculan resapan oli di pipa. Ketika muncul ciri-ciri tersebut, maka tindakan yang perlu dilakukan yaitu segera melakukan pengecekan dan mengelas titik area kebocoran. Hal itu mengantisipasi supaya kebocoran tidak semakin parah.

Demikian, ulasan singkat seputar beberapa faktor yang menyebabkan freon mesin pendingin bocor. Semoga dengan sekilas informasi ini dapat menambah pengetahuan mengenai penyebab freon AC bocor dan dapat mengambil tindakan antisipasi. Terutama bagi para pengguna mesin pendingin udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 1 =