5 Penyebab Ampere Kompresor AC Tinggi, Perlu Diketahui Sebelum AC Rusak - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Relokasi Cold Room

5 Penyebab Ampere Kompresor AC Tinggi, Perlu Diketahui Sebelum AC Rusak

Keluhan yang sering terjadi pada AC adalah udara yang dihasilkan sudah tidak dingin. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai sebab, salah satunya adalah ampere kompresor AC yang melonjak. Penyebab ampere kompresor AC tinggi juga ada banyak, selain pengaruh usia juga ada beberapa hal lain.

Jika tidak segera diketahui, maka AC bisa rusak sepenuhnya dan tidak bisa diperbaiki lagi. Maka dari itu, perlu dipahami sejak dini agar hal tersebut tidak terjadi. Penasaran? Simak ulasan perihal penyebab ampere kompresor overload berikut ini!

1. Komponen Kapasitor AC Rusak

Kapasitor terdiri dari beberapa komponen yang menunjang kinerjanya, sehingga AC bisa digunakan dengan baik. Semua komponen itu bekerja secara berkesinambungan dan saling terhubung satu sama lain. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen kapasitor, maka komponen yang lain juga terpengaruh.

Terlebih, kinerja AC juga akan terganggu dan ampere kompresor bisa menjadi tinggi. Solusi yang bisa dilakukan adalah segera memanggil teknisi AC untuk memperbaiki. Sedangkan, komponen yang rusak mungkin harus diganti menjadi yang baru.

2. Motor Kipas AC Berputar Lemah

Kipas pada AC yang biasanya terletak di luar atau outdoor berguna untuk membuang panas yang dihasilkan. Hal ini berkaitan dengan kompresor itu sendiri, karena kompresor akan menghasilkan panas selama kinerjanya. Lemahnya putaran kipas bukan lagi masalah sepele, hal ini bisa menyebabkan ampere kompresor overload.

Apabila kipas mati, maka akibat yang dihasilkan akan lebih besar lagi. Lonjakan ampere pada kompresor akan langsung terjadi dan membuat kinerja AC menjadi buruk. Segera panggil teknisi berpengalaman untuk memperbaiki hal semacam ini.

3. Kondensor dan Evaporator Kotor

Kondensor berguna untuk mengubah freon yang berbentuk gas menjadi cair dengan proses yang disebut kondensasi. Sedangkan evaporator berguna untuk merubah udara panas dari mesin AC menjadi udara dingin untuk dikeluarkan. Dua komponen ini sangat penting dalam proses yang harus dilakukan AC. Jika kotor, hal ini sangat berpengaruh secara keseluruhan.

Segera bersihkan kondensor dan evaporator jika dirasa sudah kotor. Apalagi ampere kompresor mulai melonjak, segera lakukan pembersihan sebagai salah satu solusinya. Minimal bersihkan satu tahun sekali agar tidak mempengaruhi kinerja AC.

4. Tidak Stabilnya Voltase Listrik

Stabil tidaknya voltase listrik juga merupakan penyebab ampere kompresor AC tinggi. Standar yang telah ditetapkan untuk voltase yang normal adalah sebesar 220 V. Kurang dari itu, maka akan membuat ampere kompresor overload karena kurangnya pasokan daya yang diberikan. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin AC akan mati mendadak.

Ada beberapa AC yang menampilkan kode error, sebagai penanda bahwa ada yang tidak beres pada voltase listrik. Segera lakukan pengecekan secara keseluruhan pada daya listrik yang diberikan agar AC tetap bisa digunakan. Percayakan pada ahli agar tidak menimbulkan permasalahan baru pada AC.

5. Pipa Kapiler yang Tersumbat

Pipa kapiler adalah saluran yang berguna sebagai jalannya gas dari kompresor yang sudah melalui proses penyaringan. Kecilnya ukuran pipa kapiler ini bukan alasan untuk tidak memiliki kendala dalam proses penggunaannya. Tersumbatnya pipa kapiler disebabkan oleh kotoran yang masuk dan membuat saluran mengalami kebuntuan.

Tidak hanya itu, oli yang mungkin masuk juga bisa menjadi penyebabnya. Sekali saja terjadi sumbatan, maka ampere kompresor juga bisa terpengaruh dan melonjak. Segera panggil teknisi untuk mengganti pipa kapiler menjadi baru jika tersumbat.

Hal-hal tersebut merupakan penyebab ampere kompresor AC tinggi. Jika terjadi masalah pada kompresor, tidak selalu harus mengganti baru apabila penyebabnya seperti yang telah disebutkan di atas. Minta teknisi berpengalaman untuk melakukan pengecekan berkala, terutama pada kompresor apabila ampere overload.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =