5 Kesalahan Fatal Saat Bersihkan Bunga Es Kulkas

  • Ahli Teknik HVAC
  • Oct 09, 2022

Kebiasaan kita, atau kebiasaan sebagian orang, pada saat membersihkan bunga Es kulkas, hanya membersihkan di bagian dalamnya saja, kalau bisa, membersihkannya harus keseluruhan. Terutama dibagian bawah ini, Karena apa? karena seperti kalian lihat di bagian evaporator atau freezer, itu ada sebuah sensor. Kesalahan-kesalahan fatal apa saja sih yang mungkin dilakukan? pada saat membersihkan lemari es, yang akhirnya membuat kebersihan lemari es jadi tidak maksimal, dan malah mengganggu kinerja dari lemari es tersebut, akan kita bahas kali ini.

Yuk simak terus! Menjaga dan merawat lemari es dengan membersihkan, adalah salah satu cara untuk mempertahankan, agar lemari es kita bisa awet dan panjang umur. Namun, permasalahannya, kalau ada kesalahan-kesalahan yang kita lakukan pada saat membersihkan lemari es tersebut, hasilnya juga bakal percuma. apa saja sih kesalahan yang mungkin kita lakukan pada saat membersihkan lemari es? yang akan mempengaruhi kebersihan lemari es, dan malah mengganggu kinerja lemari tersebut. Yang pertama adalah pada saat membersihkan, kalian lupa untuk mematikan lemari es nya. nah, ini adalah hal yang sia-sia, karena apa? Karena kalau kita colokan lemari es pada saat kita membersihkan, ini seperti halnya Kita disuruh menguras air yang ada didalam ember, tapi kran airnya tetap dinyalakan. sulitkan. Bukannya tidak bisa kering atau tidak bisa bersih, tapi akan makan waktu. Selain itu, listrik yang mengalir pada saat kita membersihkan lemari es, ini juga jadinya terbuang sia-sia. untuk itu, pada saat kita membersihkan lemari es, Jangan lupa untuk mematikan lemari es nya.

Bagaimana cara untuk mematikan lemari es nya? Itu terserah kalian. Kalau dilemari es kalian, memiliki tombol defrost, yang ada di bagian tengah tombol pengatur suhu, nah, kalian bisa tekan tombol itu. Tapi, kalau lemari es kalian tidak ada tombol tersebut, atau mungkin kalau kalian takut menekan tombol tersebut, yang paling gampang untuk mematikan lemari es nya, yaitu dengan cara mencabut steker nya , oke. Kesalahan kedua, pada saat membersihkan lemari es yang membuat hasil kerja kita tidak maksimal adalah, tidak selesai pada saat membersihkan bunga es di kulkas. jadi ceritanya pada saat kita membersihkan lemari es, kadang kala bisa saja tiba-tiba kita ada saja kegiatan lain, ya kan? kalau hal ini malah membuat kita tidak menyelesaikan pekerjaan kita, untuk membersihkan lemari es, ini juga sebuah kesia-siaan. karena apa? karena biasanya, pada saat tidak selesai membersihkan bunga es, pasti selalu ada sisa air ya kan? kalau kita tidak membersihkan secara tuntas sisa Air ini, air ini akan kembali menjadi bunga es dalam waktu seketika, dan juga akan menyumbat celah yang ada di evaporator, atau yang ada di kulkas.

Selain itu juga, titisan air yang mengalir pada saat kita tidak selesai membersihkan bunga es, ini akan membentuk sebuah kerucut yang namanya stalaktit atau stalakmit, yang gampang sekali menarik oksigen atau udara yang ada di dalam kulkas, yang kemudian akan mempercepat timbulnya bunga es kembali.

Kesalahan ketiga adalah, pada saat kalian membersihkan bunga es di kulkas, kalian tidak membersihkan secara menyeluruh bagian dari rak freezer, atau evaporatornya. kalau kalian perhatikan benda yang bernama evaporator, bentuknya seperti ini ya, seperti kotak ya. kebiasaan kita, atau kebiasaan sebagian orang, pada saat membersihkan bunga es, hanya membersihkan di bagian dalamnya saja, yang ada bunga es nya, benarkan!? ini adalah sebuah kekeliruan, kalau bisa membersihkannya, harus keseluruhan . Jadi jangan hanya di bagian dalam, tapi juga di bagian luar, bagian yang paling atas, samping kanan-kiri, juga bagian bawah.

Terutama di bagian bawah ini Sobat. Karena apa? karena seperti kalian lihat di gambar yang Saya tunjukkan ini. di bagian evaporator, atau freezernya, ada sebuah sensor Sobat. sensor ini ditempelkan tepat di bagian bawah dari freezer nya. sensor ini berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada mesin lemari es, Kapan mesin tersebut harus berhenti bekerja, atau memulai bekerja. kalau kita tidak membersihkan bagian bawah freezernya, ini akan membuat sensornya kacau. Saya contohkan ya. Kalau kalian membersihkan di bagian dalam freezernya saja, tapi di bagian bawahnya tidak. otomatis di bagian bawah freezer masih terdapat Bunga es, dan hasilnya, sensor pada saat itu membaca, bahwa suhu freezer sedang dalam keadaan dingin. Padahal di bagian sekeliling freezer, sudah tidak ada bunga es nya, Sobat. Akhirnya, sensor akan memberikan informasi yang salah. seharusnya, contoh, kalau freezer posisinya benar-benar kering dan tidak ada bunga es lagi, sensor harusnya menyampaikan bahwa lemari es boleh berhenti bekerja, pada satu jam kemudian. tapi berhubung Karena sensor sudah salah membaca, karena menganggap bahwa lemari es ini masih dingin, akhirnya lemari es sudah berhenti pada saat 45 menit kemudian, karena informasi sensor tersebut.

Hasilnya, pekerjaan lemari es untuk mendinginkan jadi terganggu, seharusnya bekerja satu jam, akhirnya cuma bekerja 45 menit, dan akibatnya es batu atau makanan yang ada di dalam, jadi terlambat dingin, Sobat. Dan yang paling parah adalah, dikarenakan sensor salah membaca dan juga salah memberikan informasi kepada mesin lemari es, maka mesin lemari es akan lebih banyak mengkonsumsi arus listrik dan mengakibatkan pemborosan. Oke , langsung kita lanjut ke point ke-4, nah kesalahan keempat yang mungkin dilakukan, pada saat membersihkan lemari es adalah, kalian tidak menyelesaikan dengan menyempurnakan atau dengan finishing. jadi pada saat kita membersihkan bunga es di kulkas, kita dituntut untuk tidak cuma membuang bunga salju atau bunga es saja Sobat, tapi kita juga wajib membersihkan sisa air, dan juga melakukan finishing dengan cara menyeka di bagian freezer nya .

Jadi dengan menyeka sisa air embun. Embun itu akan hilang, sirna! Karena jika tidak, seperti juga hal-hal sebelumnya, maka sisa air embun atau uap yang tersisa, yang tidak kita bersihkan, akan mudah sekali menarik oksigen atau udara yang ada di dalam kulkas. Hal ini juga yang kembali akan mempercepat timbulnya bunga es Sobat. Oke, sekarang kita masuk kesalahan kelima yang mungkin dilakukan pada saat membersihkan bunga es di kulkas. Kesalahan kelima atau kesalahan terakhir, yang mungkin kita lakukan pada saat membersihkan bunga es di kulkas adalah, menggunakan benda tajam pada saat membersihkan rak freezer nya. ini tidak boleh ya. Kenapa? Karena kalau freezer atau evaporator tersebut terluka, atau mungkin berlubang pada saat kalian membersihkan dengan benda tajam, nah lubang ini akan membuat cairan freon atau cairan pembeku, yang berasal dari mesin lemari es akan keluar. Dan akhirnya, kalian akan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal untuk memperbaiki lemari es tersebut.

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama