5 Ciri Overload Kulkas Rusak, Ketahui Penyebabnya Sebelum Terlambat - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
cara membersihkan kulkas yang benar

5 Ciri Overload Kulkas Rusak, Ketahui Penyebabnya Sebelum Terlambat

Overload adalah suatu komponen wajib yang terdapat pada alat elektronik pendingin. Tidak terkecuali pada kulkas, overload pasti ada karena berfungsi untuk melindungi kompresor apabila beban listrik berlebih. Jika terjadi kerusakan pada overload, maka kinerja kulkas secara keseluruhan juga akan terganggu. Ada beberapa ciri overload kulkas rusak yang perlu diketahui.

Ciri-ciri tersebut juga memiliki penyebab yang bermacam-macam. Selain itu, overload yang rusak bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen lain. Berikut ciri-ciri overload rusak yang perlu untuk diketahui:

1. Mesin Mati Sepenuhnya

Saat kulkas mati biasanya karena mesin yang mengendalikan sudah tidak bisa berfungsi. Bisa jadi penyebab mesin yang tidak menyala ini karena overload kulkas yang rusak. Penyebab hal ini juga beragam, salah satunya adalah adanya debu yang menempel. Debu atau kotoran yang terdapat pada overload akan menghambat arus listrik.

Kompresor memerlukan aliran listrik, namun karena debu arus listrik itu tidak sampai pada kompresor. Hal ini menyebabkan mesin kulkas mati seketika. Maka dari itu, saat kulkas mati tiba-tiba biasanya disebabkan oleh overload yang rusak.

2. Kulkas Tidak Lagi Dingin

Banyak kasus kerusakan seperti mesin kulkas menyala tapi tidak dingin. Hal ini akan sangat mengganggu karena mempengaruhi kualitas makanan yang berada di dalam kulkas. Kerusakan seperti ini biasanya tidak segera diketahui selama beberapa waktu. Alasannya sama seperti pada poin satu di atas, debu dan kotoran yang menempel pada overload.

Debu tersebut bisa mengakibatkan overload rusak dan mempengaruhi arus listrik yang menuju kompresor. Jadi, jika menemukan ciri-ciri seperti kulkas yang tidak lagi dingin bisa jadi disebabkan oleh overload yang rusak. Segera panggil ternisi untuk memperbaiki hal semacam ini.

3. Kompresor Tidak Bekerja

Panas yang dihasilkan bisa menyebabkan overload terkikis dan rusak. Overload yang terkikis lama-kelamaan akan putus dan mempengaruhi kinerja kompresor. Putusnya overload akan menyebabkan listrik tidak tersalurkan ke kompresor sehingga kulkas tidak menyala.  Semua itu terjadi karena arus listrik selalu melewati overload terlebih dahulu sebelum ke kompresor.

Kompresor bisa menjadi salah satu ciri overload kulkas rusak yang paling umum. Karena overload terhubung secara langsung dengan kompresor. Kenapa begitu? Selain karena fungsi yang saling terhubung juga karena peletakannya yang menempel.

4. Kompresor Akan Bekerja Tanpa Berhenti

Tidak stabilnya listrik akan menyebabkan suhu pada kompresor menjadi tinggi. Hal ini akan menyebabkan kompresor terus bekerja tanpa henti bahkan saat suhu yang ada sudah terlampau tinggi. Jadi, tidak hanya menyebabkan kompresor tidak bekerja juga menyebabkan kompresor terus-menerus bekerja. Kenapa overload bisa menyebabkan kompresor tidak berhenti bekerja?

Biasanya hal ini dikarenakan usia overload sendiri. Penggunaan yang sudah terlalu lama akan membuat komponen lain juga rusak. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti overload yang sudah tua sebelum mempengaruhi kinerja kompresor secara keseluruhan.

5. Tegangan Turun atau Terlalu Tinggi

Overload yang rusak akan menyebabkan tegangan menjadi turun atau bahkan melonjak tinggi. Hal ini disebabkan oleh tertutup atau terbukanya kontak bimetal. Jika tertutup, maka tegangan menjadi turun pada saat kompresor dalam keadaan normal. Namun, jika overload memakai pemanas maka tegangan akan tinggi.

Naiknya tegangan disebabkan panas berlebih yang diterima sehingga kontak bimetal terbuka. Jadi, overload yang rusak bisa menyebabkan dua hal ini, entah turun atau melonjaknya tegangan. Saat menemui ciri-ciri seperti ini pada tegangan, segera panggil teknisi untuk memperbaikinya.

Berbagai ciri overload kulkas rusak sudah terangkum di atas. Overload yang rusak bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan pada kulkas. Jika menemui salah satu ciri di atas, segera panggil teknisi atau ahli berpengalaman untuk menyelesaikannya. Jangan tunggu kulkas benar-benar mati secara keseluruhan untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 1 =