5 Ciri Kompresor Kulkas Rusak yang Harus Diwaspadai - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Kenali 5 Ciri-Ciri Kompresor Kulkas Rusak untuk Penanganan Cepat

5 Ciri Kompresor Kulkas Rusak yang Harus Diwaspadai

Salah satu bagian paling penting dari ac adalah kompresor. Karena itu kalau kompresor kulkas rusak tentu akan sangat mempengaruhi kinerja dari kulkas. Di sini kepekaan sebagai pelanggan sangatlah diperlukan. Tujuannya kalau memang rusak kulkas bisa langsung diperbaiki. Jadi kerusakan tidak menyebar dan kerusakan semakin berat.

1. Proses Pendinginan Tidak Optimal

Pertama akan sangat jelas terasa di bagian pendinginannnya. Sebab proses pendinginan ini akan menjadi tidak optimal. Contoh kasus paling sederhana adalah ketika melakukan pembekuan pada es batu. Kalau es batu sudah diletakan dalam waktu yang lama di freezer, tapi kemudian sama sekali tidak berubah wujud, maka patut dicurigai.

Tapi ingat cek juga hal lainnya karena terkadang penyebab kulkas menjadi kurang dingin adalah pintunya yang tidak tertutup terlalu rapat. Karena tidak rapat itulah suhu dari luar mempengaruhi suhu di dalam kulkas. Hal yang terjadi kemudian kulkas tidak bisa melakukan tugasnya dengan optimal. Namun kalau sudah tertutup rapat dan kejadiannya masih terulang, maka patut dicurigai.

2. Ampere Kompresor Meningkat Melebihi Ambang Normal

Di kulkas terdapat ampere kompresor, perhatikan hal tersebut. Sebab kalau sudah meningkat melebihi batas yang seharusnya maka besar kemungkinan kompresor ini sudah rusak. Meskipun ada kasus lain yang mempengaruhi seperti tekanan Freon. Sebab kalau Freon mengalami tekanan yang lumayan, maka bisa berpengaruh juga terhadap suhu dan bagian kompresornya.

Tapi perhatikan lagi kalau memang sedari awal dinginnnya tidak optimal, dan kemudian ampere kompresor ini meningkat tajam maka kompresor menjadi kemungkinan paling utama. Hal ini disebabkan sudah ada dua ciri utama yang menjadi indikator kompresor kulkas rusak. Apalagi kalau setelah dicek Freon tidak memiliki masalah sama sekali, dan pintu kulkas juga dalam posisi tertutup rapat.

3. Suara Lumayan Bising

Tentunya kulkas yang baik adalah kulkas yang minim suara, jadi kalau suaranya sudah terlalu berlebihan maka patut dicurigai adanya kerusakan. Salah satu bagian yang bisa dicurigai mengalami kerusakan saat adanya suara bising adalah kompresor. Jadi kalau bunyi kulkas sudah terlalu bising dan mengganggu, maka bisa jadi itu adalah kerusakan kompresor.

Biasanya tidak berapa lama dari kasus ini kompresor akan mengalami mati total, dan akibatnya adalah tidak bisa digunakan. Namun untuk kasus yang satu ini biasanya memang karena usia yang sudah terlalu tua. Jadi kompresor tersebut memang sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Dengan begitu barulah bisa kembali ke fungsi normalnya.

4. Muncul Suara Dengung

Selain suara bising, adanya suara dengung yang tidak wajar dan mengganggu bisa jadi pertanda kerusakan kompresor. Uniknya adalah kulkas akan dalam posisi nyala, tapi kemudian yang terdengar hanya dengungan saja. Ada dua hal yang menyebabkan hal ini yaitu kompresor yang memang mengalami kerusakan atau listriknya bertegangan rendah.

Tapi apapun masalahnya akan tetap menyebabkan satu hal yaitu rusaknya kompresor. Karena kalau tekanan listrik tidak stabil missal terlalu rendah atau tinggi, maka bisa menyebabkan terjadinya gangguan di kompresor. Apabila sudah seperti itu, maka kemungkinan besar kompresor mengalami mati total sangat mungkin.

5. Mati Total

Terakhir adalah blackout atau kompresor mengalami mati total. Tentunya ditandai dengan tidak adanya reaksi sama sekali dari kompresor meskipun sudah dicolokan ke listrik ataupun sudah dinyalakan. Apabila sudah seperti ini, maka tentu kompresor tersebut sudah harus diganti. Sebab tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

Dari mulai tidak terlalu dingin sampai mati total itu semua adalah ciri-ciri kompresor kulkas rusak, oleh karena itu pengguna harus peka. Dengan begitu konsumen bisa langsung mengetahui apabila ada kerusakan dan segera melakukan perbaikan. Jadi kerusakan tidak terlalu menyebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 7 =