14 Komponen Ac Mobil, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

  • Ahli Teknik HVAC
  • Feb 16, 2023
14 Komponen Ac Mobil, Fungsi, Dan Cara Kerjanya
Bagian Bagian Ac Mobil Maen Mobil

Apakah kamu tahu bagaimana AC mobil bekerja? Meskipun bisa dibilang sebagai fitur standar di mobil modern, AC mobil tetap menjadi misteri bagi beberapa orang. Tapi tenang saja, dalam artikel ini kita akan membahas 14 komponen AC mobil, fungsi, dan cara kerjanya secara lengkap. Mari kita mulai!

1. Kompressor

Kompressor adalah salah satu komponen paling penting di dalam AC mobil. Kompressor berfungsi untuk menekan refrigeran dari gas menjadi cairan. Cairan refrigeran ini nantinya akan mengalir ke seluruh sistem AC mobil.

2. Kondensor

Kondensor berfungsi untuk mengubah refrigeran yang sudah menjadi cairan menjadi uap. Selain itu, kondensor juga berfungsi untuk menyerap panas dari dalam mobil dan melepaskannya ke udara.

3. Receiver Drier

Receiver Drier berfungsi untuk menyimpan cairan refrigeran dan juga untuk memisahkan kotoran dan uap air dari refrigeran.

4. Expansion Valve

Expansion valve berfungsi untuk mengontrol aliran refrigeran ke evaporator. Aliran refrigeran yang dihasilkan oleh expansion valve sangat penting dalam menjaga suhu di dalam mobil.

5. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk mengubah refrigeran yang sudah menjadi cairan menjadi uap. Selain itu, evaporator juga berfungsi untuk menyerap panas dari dalam mobil dan mendinginkannya.

6. Blower

Blower berfungsi untuk mengalirkan udara dari dalam mobil ke evaporator dan kemudian meniupkan udara yang sudah dingin ke dalam mobil.

7. Kipas

Kipas berfungsi untuk mengalirkan udara dari luar mobil ke dalam ruang evaporator.

8. Filter

Filter berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mobil. Filter ini sangat penting untuk menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dan sehat.

9. Thermostat

Thermostat berfungsi untuk mengukur suhu di dalam mobil dan kemudian mengontrol aliran refrigeran ke evaporator.

10. Sensor Suhu

Sensor suhu berfungsi untuk mengukur suhu di dalam mobil dan kemudian mengirimkan informasi tersebut ke kontrol AC mobil.

11. Kontrol AC Mobil

Kontrol AC mobil berfungsi untuk mengontrol suhu dan aliran udara di dalam mobil.

12. Selang AC

Selang AC berfungsi untuk mengalirkan refrigeran dari satu komponen ke komponen lainnya di dalam sistem AC mobil.

13. O-Ring

O-Ring berfungsi untuk mencegah kebocoran refrigeran dari sistem AC mobil.

14. Kompresor Clutch

Kompresor clutch berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan kompresor dari mesin mobil. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan pada sistem AC mobil. Dengan mengetahui fungsi dari masing-masing komponen AC mobil, kamu dapat memahami bagaimana sistem AC mobil bekerja secara keseluruhan. Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah dalam melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem AC mobilmu sendiri. FAQ: Q: Apakah AC mobil perlu dirawat? A: Ya, AC mobil perlu dirawat agar dapat berfungsi secara optimal dan mencegah kerusakan pada sistem AC mobil. Q: Apakah perlu mengganti filter AC mobil secara berkala? A: Ya, mengganti filter AC mobil secara berkala dapat menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dan sehat. Q: Berapa sering perlu melakukan perawatan pada sistem AC mobil? A: Sebaiknya melakukan perawatan pada sistem AC mobil setiap 6 bulan sekali. Q: Apa yang harus dilakukan jika AC mobil tidak dingin? A: Periksa apakah kompresor dan blower berfungsi dengan baik. Jika tidak, lakukan perbaikan secepat mungkin. Q: Apakah AC mobil dapat berbahaya bagi kesehatan? A: Ya, AC mobil dapat menjadi sarang bagi kuman dan bakteri jika tidak dirawat secara berkala. Oleh karena itu, selalu lakukan perawatan pada sistem AC mobilmu.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas 14 komponen AC mobil, fungsi, dan cara kerjanya secara lengkap. Dengan mengetahui fungsi dari masing-masing komponen AC mobil, kamu dapat memahami bagaimana sistem AC mobil bekerja secara keseluruhan. Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah dalam melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem AC mobilmu sendiri. Selalu lakukan perawatan pada sistem AC mobilmu agar dapat berfungsi secara optimal dan mencegah kerusakan pada sistem AC mobil. Jadi, jangan lupa untuk selalu memeriksa dan merawat sistem AC mobilmu secara berkala.

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu