12 Fungsi Komponen Ac Rumah Yang Perlu Kamu Tahu!

  • Ahli Teknik HVAC
  • Apr 27, 2023
12 Fungsi Komponen Ac Rumah Yang Perlu Kamu Tahu!
12 Fungsi Komponen AC Rumah yang Perlu Kamu Tahu!

AC rumah adalah salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Kehadirannya sangat membantu dalam menjaga suhu ruangan agar tetap dingin dan nyaman. Namun, apakah kamu sudah mengetahui fungsi dari setiap komponen AC rumah? Dalam artikel ini, kita akan membahas 12 fungsi komponen AC rumah yang perlu kamu ketahui!

Komponen AC Rumah

Sebelum membahas fungsi dari setiap komponen AC, mari kita kenali terlebih dahulu komponen-komponen utama AC rumah:

1. Evaporator

Evaporator adalah komponen yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan. Evaporator terletak di dalam unit indoor dan dilengkapi dengan kipas yang akan menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan.

2. Kondensor

Kondensor adalah komponen yang berfungsi untuk membuang panas dari udara yang telah diambil oleh evaporator. Kondensor terletak di dalam unit outdoor dan dilengkapi dengan kipas yang akan menghembuskan udara panas ke luar ruangan.

3. Kompresor

Kompresor adalah komponen yang berfungsi untuk memampatkan refrigeran atau zat pendingin sehingga suhunya menjadi lebih tinggi. Kompresor terletak di dalam unit outdoor dan merupakan bagian yang paling penting dari AC rumah.

4. Fan Blower

Fan Blower adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke ruangan. Fan Blower terletak di dalam unit indoor dan bekerja dengan bantuan evaporator.

5. Filter

Filter adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara sebelum masuk ke dalam AC. Fungsi filter sangat penting untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan agar tetap bersih dan sehat.

6. Thermostat

Thermostat adalah komponen yang berfungsi untuk mengukur suhu ruangan dan mengatur suhu udara yang dihasilkan oleh AC agar tetap stabil di suhu yang diinginkan.

7. Expansion Valve

Expansion Valve adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur aliran refrigeran dari evaporator ke kondensor. Expansion Valve juga membantu menurunkan tekanan refrigeran sehingga suhunya menjadi lebih rendah.

8. Refrigerant

Refrigerant adalah zat pendingin yang digunakan oleh AC untuk menghasilkan udara dingin. Refrigerant harus diisi ulang secara berkala agar AC tetap berfungsi dengan baik.

9. Condenser Coil

Condenser Coil adalah komponen yang terdapat di dalam unit outdoor dan berfungsi untuk membuang panas dari AC ke udara luar.

10. Evaporator Coil

Evaporator Coil adalah komponen yang terdapat di dalam unit indoor dan berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan.

11. Copper Pipes

Copper Pipes adalah pipa tembaga yang menghubungkan antara unit indoor dan unit outdoor. Copper Pipes berfungsi untuk mengalirkan refrigeran dari unit indoor ke unit outdoor dan sebaliknya.

12. Electrical Components

Electrical Components adalah komponen elektrik yang mengatur aliran listrik di dalam AC. Electrical Components sangat penting untuk menjaga keamanan dan keandalan AC rumah.

Fungsi Komponen AC Rumah

Sekarang, kita sudah mengenal komponen-komponen utama AC rumah. Selanjutnya, mari kita bahas fungsi dari setiap komponen:

1. Evaporator

Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan menghasilkan udara dingin yang akan dihembuskan ke dalam ruangan oleh kipas.

2. Kondensor

Kondensor berfungsi untuk membuang panas dari udara yang telah diambil oleh evaporator. Kondensor akan mengeluarkan udara panas ke luar ruangan.

3. Kompresor

Kompresor berfungsi untuk memampatkan refrigeran dan meningkatkan suhunya sehingga refrigeran dapat menghasilkan udara dingin ketika mengalir melalui evaporator.

4. Fan Blower

Fan Blower berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke ruangan melalui evaporator.

5. Filter

Filter berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara sebelum masuk ke dalam AC sehingga udara yang dihasilkan tetap bersih dan sehat.

6. Thermostat

Thermostat berfungsi untuk mengukur suhu ruangan dan mengatur suhu udara yang dihasilkan oleh AC agar tetap stabil di suhu yang diinginkan.

7. Expansion Valve

Expansion Valve berfungsi untuk mengatur aliran refrigeran dari evaporator ke kondensor dan menurunkan tekanan refrigeran sehingga suhunya menjadi lebih rendah.

8. Refrigerant

Refrigerant berfungsi untuk menghasilkan udara dingin ketika mengalir melalui evaporator dan kondensor.

9. Condenser Coil

Condenser Coil berfungsi untuk membuang panas dari AC ke udara luar.

10. Evaporator Coil

Evaporator Coil berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan menghasilkan udara dingin yang akan dihembuskan ke dalam ruangan oleh kipas.

11. Copper Pipes

Copper Pipes berfungsi untuk mengalirkan refrigeran dari unit indoor ke unit outdoor dan sebaliknya.

12. Electrical Components

Electrical Components berfungsi untuk mengatur aliran listrik di dalam AC dan menjaga keamanan serta keandalan AC rumah.

FAQs

1. Bagaimana cara membongkar dan membersihkan filter AC rumah?

Untuk membongkar dan membersihkan filter AC rumah, pertama-tama matikan sumber listrik dan lepaskan filter dari unit indoor. Kemudian, cuci filter dengan air bersih dan sabun lembut. Setelah itu, keringkan filter dan pasang kembali ke unit indoor.

2. Berapa lama refrigerant dalam AC harus diganti?

Refrigerant dalam AC harus diganti setiap 2-3 tahun sekali untuk menjaga kualitas AC dan mencegah kerusakan pada komponen AC.

3. Apakah AC rumah harus dibersihkan secara berkala?

Ya, AC rumah harus dibersihkan secara berkala untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan dan mencegah kerusakan pada komponen AC.

4. Apa yang harus dilakukan jika AC rumah mengeluarkan bau tidak sedap?

Jika AC rumah mengeluarkan bau tidak sedap, cobalah membersihkan filter dan kondensor. Jika masih tidak membaik, sebaiknya hubungi teknisi AC untuk memeriksa dan memperbaiki AC.

5. Apa yang harus dilakukan jika AC rumah tidak dingin?

Jika AC rumah tidak dingin, pertama-tama periksa apakah filter dan kondensor sudah bersih. Jika masih tidak membaik, sebaiknya hubungi teknisi AC untuk memeriksa dan memperbaiki AC.

Kesimpulan

12 fungsi komponen AC rumah yang perlu kamu ketahui telah dibahas dalam artikel ini. Dengan mengetahui fungsi dari setiap komponen AC, kamu dapat lebih memahami cara

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu